logo rilis
Reshuffle Kabinet Menteri Jilid III Dinilai Amankan Jokowi di Pilpres 2019
Kontributor
Sukma Alam
17 Januari 2018, 09:24 WIB
berita
Presiden Jokowi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Toto Sugiarto menilai, reshuffle Kabinet Jilid III yang dilakukan Presiden Joko Widodo untuk kepentingan Pilpres 2019 mendatang.

"Jokowi sudah berhitung-hitung dia punya keinginan untuk periode kedua karena itu pertimbangan-pertimbangan didasarkan kepentingan Pilpres. Karena ini kepentingan Jokowi dan PDIP. Misalnya Golkar diambil untuk kekuasaan. Jelas ini untuk Pilpres 2019," ujar Toto kepada rilis.id di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Reshuffle kali ini, ada Sekjen Demisioner Golkar Idrus Marham dan Jenderal (purn) Moeldoko akan masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-JK.

Menanggapi hal itu, ia menilai masuknya kedua nama tersebut karena pertimbangan politis. Sebab, menurutnya baik Idrus maupun Moeldoko sama-sama memiliki basis massa.

"Kedua orang itu memang masuk. Kalau Idrus terkait dengan Golkar tentu ada kepentingan merangkul Golkar pada Pilpres 2019. Kemudian Moeldoko punya kelebihansebagai mantan panglima punya basis massa. Dan dilihat juga punya kapasitas," terangnya.

Presiden Joko Widodo melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi, sekitar pukul 09.00. Sejumlah pejabat yang dilantik untuk mengisi sejumlah posisi, seperti kementerian, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, serta Dewan Pertimbangan Presiden.

Tags
#reshuffle
#jokowi
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)