logo rilis
Rendang Kembali Mendunia, sampai Pasar Amerika
Kontributor
Ning Triasih
19 April 2018, 19:48 WIB
Rendang Kembali Mendunia, sampai Pasar Amerika
Rendang. FOTO: Instagram/@adyullian

RILIS.ID, Padang— Kuliner khas nusantara rendang kembali mendunia. Terbaru, makanan khas Minang, Sumatera Barat ini tembus pasar Amerika Serikat (AS). Hal itu dibuktikan dari adanya permintaan rendang oleh pengusaha di Chicago.

Menurut keterangan Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman, banyak permintaan ekspor rendang ke negara Paman Sam tersebut.

"Informasi dari Konsulat Jenderal RI di Chicago, pasca acara I Heart Halal di kota besar negara bagian Illinois itu 13-15 April 2018, banyak permintaan ekspor untuk rendang," kata Jasman di Padang, Kamis (19/4/2018) seperti dilansir dari ANTARA.

Lebih lanjut Jasman menjelaskan, adanya permintaan rendang dari AS memberi peluang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama di bidang kuliner untuk bisa masuk ke pasar internasional.

Dalam hal itu, pemerintah daerah mengaku siap menfasilitasi UMKM kuliner rendang mengembangkan peluang usaha hingga ke AS, dengan syarat standarisasi produk mulai dari rasa, bentu, hingga kemasan perlu disiapkan dengan matang agat tak mengecewakan.

"Rendang ini banyak ragamnya. Meski sama-sama rendang daging, tetapi antara satu UMKM dengan yang lain bisa berbeda rasa. Ini tentu perlu menjadi perhatian," kata Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Provinsi Sumbar Heri Nofiardi.

Selain memperhatikan standar produk, menurut Heri, keinginan konsumen luar negeri juga perlu dikaji. Misalnya, rendang seperti apa yang diinginkan, apakah khas Minang atau rendang yang disesuaikan dengan lidah mereka.

Selain itu proses ekspor impor juga memiliki mekanisme yang harus dipahami dan dipatuhi. Rata-rata UMKM di Sumbar belum memahami hal itu karenanya perlu sosialisasi yang lebih intens pada mereka. Atau, Pemprov Sumbar bisa mencarikan pihak ketiga yang berpengalaman ekspor-impor agar prosesnya berjalan lebih cepat dan lancar.

 


500
komentar (0)