logo rilis
Realisasikan Rumah DP 0 Rupiah, Pemprov DKI Bentuk BLUD
Kontributor
Afid Baroroh
14 Maret 2018, 13:54 WIB
Realisasikan Rumah DP 0 Rupiah, Pemprov DKI Bentuk BLUD
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), untuk program rumah dengan uang muka (Down Payment) 0 Rupiah.

"BLUD ini akan melayani masyarakat, terkait pembiayaan dan metode jual beli rumah," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Orang nomor dua di DKI Jakarta ini berharap kedepannya, warga tidak lagi kesulitan mengurus tempat tinggalnya dan menjadi solusi permanen bagi warga Jakarta.  

Melalui BLUD, kata Sandi, nantinya akan melayani warga dan menyasar kalangan menengah ke bawah di Jakarta.

"Ini yang akan kita hadirkan, keberpihakan kepada rakyat. Khususnya warga Jakarta menengah ke bawah. Kita ingin program ini keberpihakan dan menyasar kelas menengah ke bawah," jelasnya.

Sandi juga menjelaskan, tahapan pelaksanaan Program DP 0 Rupiah. Di antaranya, pengembang membangun hunian, jika rumah telah tersedia, warga dapat mengajukan permohonan hunian dan bantuan pembiayaan ke satuan kerja Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

Setelah itu, BLUD melakukan pemeriksaan awal dokumen sesuai persyaratan. Apabila disetujui BLUD, dokumen akan dikirimkan ke lembaga bank/non-bank.

"Lembaga bank/non-bank melakukan verifikasi keuangan dari pemohon kredit. Apabila disetujui, dilanjutkan proses perjanjian," pungkas Sandiaga.

Editor: Kurniati


500
komentar (0)