logo rilis

Ratusan Titik Panas Kembali Serang Kalbar
Kontributor

17 September 2018, 14:15 WIB
Ratusan Titik Panas Kembali Serang Kalbar
Penanganan karhutla di Kalbar. FOTO: Instagram/@arief_noegroho

RILIS.ID, Jakarta— Sebanyak 272 titik panas atau hotspot kembali terpantau di Provinsi Kalimantan Barat pada Senin (17/9/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan sebanyak 272 titik api tersebut hasil pemantauan selama 24 jam satelit Aqua, Terra, SNNP pada catalog modis LAPAN.

"Sebanyak 272 titik api tersebut, terdiri dari kategori sedang sebanyak 149 titik api, dan kategori tinggi sebanyak 123 titik api," kata Sutopo dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Sementara itu, kata dia, kalau seluruh Indonesia, terpantau sebanyak 801 titik api, baik kategori sedang dan tinggi.

Dari pantauan di lapangan, kabut asap mulai menyelimuti Kota Pontianak dan sekitarnya dari pagi hari hingga pukul 07.30 WIB, kabut asap mulai berangsur hilang karena ditiup angin mulai pukul 07.30 WIB ke atas.

Dalam beberapa hari terakhir Kota Pontianak dan sekitarnya belum diguyur hujan, setelah sempat seminggu terakhir diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono mengajak masyarakat dan instansi terkait di Kalbar untuk "keroyokan" atau bersama-sama menangani Karhutla di provinsi itu.

"Mari kita bersama-sama secara keroyokan dalam mencegah dan menanggulangi karhutla di Kalbar," ujarnya.

Menurut dia, dalam penanganan karhutla memang tidak bisa dilakukan oleh pihak TNI, Polri dan instansi terkait lainnya saja, sehingga sangat perlu dukungan dari semua pihak.

Kalau hal tersebut sudah dilakukan, maka penanganan karhutla akan lebih efektif. Tetapi kalau sudah musim kemarau, selain upaya tersebut, memang juga diperlukan upaya lain, salah satunya memohon doa agar diturunkan hujan.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)