logo rilis
Ratusan Caleg Tak Penuhi Syarat, Berkarya Gugat KPU ke Bawaslu
Kontributor
Sukma Alam
14 Agustus 2018, 20:25 WIB
Ratusan Caleg Tak Penuhi Syarat, Berkarya Gugat KPU ke Bawaslu
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ratusan calon anggota legislatif dari Partai Berkarya tidak memenuhi syarat (TMS) dalam Daftar calon sementara (DCS) Komisi Pemilihan Umum (KPU).    

Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah hukum untuk menggugat KPU ke Bawaslu.

“142 bacaleg ini gugur. Yang jelas kami mengambil langkah sesuai aturan yakni menggugat KPU ke Bawaslu untuk minta dimediasi agar bacaleg dan dapil kami dihidupkan kembali,” kata Badaruddin dalam pesan tertulisnya yang diterima rilis.id, Selasa (14/8/2018).

Menurut dia, tidak lolosnya 142 Bacalegnya itu karena ada perbedaan penginputan pada sistem informasi pencalonan (Silon) dan hard copy yang disampaikan ke KPU. Karena itu, Partai Berkarya akan tetap mengikuti tahapan sesuai UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu  dan PKPU. 

“Ada Bawaslu sebagai jurinya. Kita hargai kerja teman-teman KPU dan kerja LO (Tim Liaison Officer) partai yang sudah maksimal. Di internal kami sedang berbenah, memperbaiki kekurangan. Masih ada waktu perbaikan data bacaleg sebelum ditetapkan jadi caleg tetap (DCT). Waktu ini yang kita akan maksimalkan. Mudah-mudahan mediasi di bawaslu segera diwujudkan dan hasilnya tidak merugikan semua pihak," tuturnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)