logo rilis
Rakyat Berguguran, Palestina Berkabung Nasional
Kontributor
Syahrain F.
01 April 2018, 17:13 WIB
Rakyat Berguguran, Palestina Berkabung Nasional
Tentara-tentara Israel menembaki para demonstran dari kejauhan, pada Jumat (30/3/2018), di perbatasan Gaza, Palestina. FOTO: Getty Images/Jack Guez

RILIS.ID, Gaza— Gerai toko-toko di pinggir jalan kota Tepi Barat tampak tertutup rapat. Universitas dan sekolah-sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar. 

Demikian sedikit gambaran hari berkabung rakyat Palestina atas bergugurannya 17 orang yang terbunuh ketika melakukan aksi protes menuntut dikembalikannya para pengungsi.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan hari Sabtu (1/4/2018) kemarin sebagai momen berkabung nasional, setelah pada Jumat (30/3) ribuan rakyat Palestina melakukan aksi turun ke perbatasan Gaza dalam rangka memperingati "Land Day".

"Faksi-faksi di Palestina telah merespons keputusan presiden untuk mendeklarasikan hari berkabung nasional atas para korban yang dibantai Israel," kata anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina Wasel Abu Yusuf.

"Kekuatan Islamis dan nasionalis mendeklarasikan mogok massal di semua area Palestina dan menyerukan demonstrasi guna memprotes pembantaian yang dilakukan tentara Yahudi terhadap rakyat kami di Gaza," lanjutnya.

Dari video-video yang beredar di media sosial, tampak tentara-tentara Zionis Yahudi menembaki para demonstran dari jarak jauh. 

Ada sebuah video mengharukan, ketika seorang demonstran jatuh bangun berlari menghindar dari tembakan tentara, seorang demonstran lainnya berupaya menolongnya.

Namun, ketika keduanya telah hampir sampai pada jarak aman, seseorang yang berupaya menolong tadi justru terkena tembak dan meninggal dunia.


500
komentar (0)