logo rilis
Ragam Kegiatan Siswa di Hari Pertama Masuk Sekolah
Kontributor
Ning Triasih
16 Juli 2018, 12:00 WIB
Ragam Kegiatan Siswa di Hari Pertama Masuk Sekolah
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini, tahun ajaran baru 2018/2019 dimulai. Para siswa mulai dari SD, SMP, hingga SMA berbondong-bondong masuk sekolah, Senin (16/7/2018).

Bagi sejumlah siswa, hari pertama masuk sekolah menjadi hal yang cukup mendebarkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru di sekolah. Lalu apa yang dilakukan siswa di hari pertama masuk sekolah?

oMengutip dari infografis yang disajikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melelalui akun Twitter resminyaa @Kemendikbud_RI, inilah ragam kegiatan yang dilakukan siswa baru di hari pertama masuk sekolah.

Berkenalan dengan siswa-siswi baru

Hari pertama masuk sekolah umumnya menjadi momen untuk saling mengenal satu sama lain. Siswa-siswi diminta berkenalan dengan sesama siswa baru dan kakak kelas. Ajang perkenalan ini adalah salah satu cara melatih bersosialilasi.

Pengenalan lingkungan sekolah

Selain mengenal teman baru, para murid juga akan diperkenalkan pada lingkungan sekolah dipandu oleh guru dan dibantu kakak kelas. Mereka akan diajak keliling sekolah untuk diperlihatkan tempat-tempat atau fasilitas yang ada di sekolah, mulai dari ruang perpustakaan, masjid, laboraturium, ruang komputer, kantin, ruang guru dan masih banyak lagi.

Mengenalkan berbagai ekstrakurikuler

Selain belajar ilmu pengetahun, siswa di sekolah biasanya juga diberi kesempatan untuk mengasah bakat dan kemampuannya di luar pelajaran. Salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). 

Umumnya, ragam ekskul ini akan diperkenalkan di hari pertama masuk sekolah. Para siswa dminta untuk memilih satu sampai dua ekskul yang sesuai dengan hobi mereka, mulai dari bidang olahraga hingga kesenian.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)