Home » Ragam

Ragam Ajang Ratu Kecantikan Dunia

print this page Rabu, 15/11/2017 | 10:57

Miss International 2017 Kevin Lilliana. FOTO: Instagram/@arvaschooloffashion.

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia baru saja dapat kabar gembira atas terpilihnya Putri Indonesia Kevin Lilliana sebagai Miss International 2017. Kevin berhasil mengalahkan 65 wanita perwakilan dari berbagai negara.

Ya, jika Anda salah satu penggemar kontes-kontes kecantikan dunia, pasti tak asing lagi dengan ajang Miss International yang tahun ini malam finalnya digelar di di Tokyo Dome City Hall, Tokyo, Jepang, Selasa (14/11/2017).

Namun, di luar Miss International, ternyata masih ada beberapa ajang kecantikan dunia, seperti Miss World, Miss Universe dan miss-miss lainnya.

Saking banyaknya kontes kecantikan dunia yang diselenggarakan beberapa negara, tak sedikit orang sulit membedakan ajang yang sama-sama bertaraf internasional tersebut. Lalu apa saja kontes kecantikan dunia yang ada dan apa perbedaannya? Simak ulasan berikut ini:

1. Miss World

Miss World, inilah ibu dari semua kontes kecantikan dunia. Miss World adalah ajang ratu kecantikan tertua yang digelar pertama kali pada 1951. Pendirinya adalah seorang CEO asal Inggris Eric Morley dan dijalankan oleh sang istri Julia Morley setelah kematiannya pada tahun 2000. Moto dari Miss World adalah Beauty With A Purpose yang fokus pada kegiatan sosial. Kontes kecantikan tertua ini mempunyai pusat di London, Inggris. 

Kontes ini mempercayai, wanita itu terlahir dengan sebuah kecantikan yang mempunyai tujuan mulia, karena cantik itu bukan hanya dari paras saja, tapi juga dari hati. Setiap tahunnya pula kontes ini diikuti lebih dari 100 negara.

2. Miss Universe

Nah, kalau ajang yang satu ini pasti semua orang tahu, Miss Universe. Didirikan pada 1952, kontes ini sangat populer di kawasn Amerika Latin dan beberapa negara Asia. Awalnya, ini merupakan ajang Pasific Mills yang mempromosikan pakaian renang. Namun, ajang ini kemudian makin berkembang, di mana pemenang dari kontes ini tidak hanya akan fokus menjadi model melainkan juga sosok inspiratif yang berfokus pada cerita pribadi, pemberdayaan dan pendidikan. 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga pernah menjadi pemilik dari ajang kecantikan ini. Slogan Miss Universe adalah 3B (Brain, Beauty and Behavior) yang berarti dalam ajang ini, peserta tidak hanya cantik, namun juga pandai dan sopan.

3. Miss International

 

A post shared by Kevin Lilliana (@kevinlln) on

 

Kontes kecantikan terbesar ketiga adalah Miss International, atau nama resminya Miss International Beauty Pageant. Berdiri pertama kali di California, USA, pada 1960. Seiring berjalannya waktu, pusat kontes kecantikan ini pun pindah ke Tokyo, Jepang. Kontes ini dikelola oleh The International Culture Association yang berfokus pada pemberdayaan peran wanita di kehidupan sosial. Dan tahun ini, pemenangnya adalah Kevin Lilliana dari Indonesia.

4. Miss Supranational

Miss Supranational terbilang baru, karena berdiri pada 2009 yang awalnya berpusat di Panama, kini di Polandia. Kontes yang dikelola oleh WBA (World Beauty Association) ini berfokus pada pemberdayaan dan kepribadian wanita di dunia. Intinya mendukung dan mengajak para wanita di dunia untuk bisa percaya diri bahwa wanita juga ambil andil dalam kehidupan ini.

Prestasi Indonesia sendiri pun cukup baik dalam ajang ini. Debut pada tahun 2013, Indonesia langsung mendapatkan posisi ketiga runner up. Sedangkan pada 2014 dan 2015, Indonesia mampu mempertahankan gelar Best National Costume. Kemudian di 2016 memasuki Top 10 dan menyabet dua penghargaan yaitu Miss Multimedia Awards dan Miss Elegance. Dan di tahun 2017 ini, Indonesia mengirimkan Putri Indonesia Pariwisata Kirana Nadila. Semoga kemenangan berpihak pada Indonesia.

5. Miss Grand International

Jika Miss World adalah ibunya, maka Miss Grand International itu bayinya. Pasalnya, kontes inilah yang termuda dari ajang-ajang ratu kecantikan dunia. Berbasis di Bangkok, Thailand, kontes ini pertama kali diselenggarakan pada 2013. Pendirinya adalah serorang pebisnis Thailand, Nawat Itsaragrisil.

Bermoto dan visi Stop The War and Violence, ajang kecantikan ini, mengajak semua orang untuk menciptakan perdamaian dunia, termasuk kekerasan dan perang. Sebuah misi sosial yang besar. 

Prestasi Indonesia di ajang ini pun luar biasa. Pada 2016, Indonesia untuk pertama kalinya berhasil membawa pulang mahkota Grand Slam Beauty Pageant serta meraih Best National Costume. Luar biasa, bukan?

 

A post shared by Miss Grand International (@missgrandinternational) on

Penulis Ning Triasih

Tags:

Kevin LillianaMiss International 2017Putri Indonesia Lingkungan Hidup 2017

loading...