Home » Ragam

Quito, Ibu Kota di Atas Lembah Ekuador

print this page Rabu, 6/12/2017 | 18:07

Quito, kota di atas lembang Ibu Kota Ekuador. FOTO: Instagram/@lexjoshef.

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini menjadi momen penting bagi Ibu Kota Ekuador, Quito, Rabu (6/12/2017). Pasalnya, di hari itulah kota di atas lembah tersebut didirikan oleh Sebastian de Benalcazar, tepatnya 6 Desember 1534 silam.

Ekuador sendiri adalah suatu senaga di Amerika Selatan. Wilayahnya dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Tak salah jika Quito dikatakan sebagai kota di atas lembah. Ya, letaknya memang dikelilingi sebuah lembah bagian barat Pichincha dari gunung berapi aktif di pegunungan Andes dengan ketinggian sekitar 2.850 meter di atas permukaan laut.

Karena lokasinya tersebut, Quito lantas dijuluki sebagai ibu kota negara tertinggi kedua di dunia setelah La Paz, Bolivia.

Selain terkenal sebagai ibu kota tertinggi, Quito menyimpan beragam fakta menarik lainnya. Misalnya menjadi ibu kota satu-satunya yang dilalui oleh khatulistiwa dan dilintasi garis lintang nol derajat. Karena itu, di kota tersebut dibangun monumen khatulistiwa.

 

 

A post shared by Ernest Alvarez (@ernest00007) on

 

Uniknya lagi, kereta gantung menjadi sarana transportasi di Quito. Hal itu lantaran lokasinya yang berada di pegunungan dan dikelilingi perbukitan.

Banyak bangunan bernilai sejarah di Quito, sehingga mendorong PBB menetapkan pusatkota tersebut sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978.

Penulis Ning Triasih

Tags:

QuitoEkuadorIbu Kota EkuadorSebastian de Benalcazar