logo rilis
Putin Berencana Kunjungi Indonesia Usai Dilantik
Kontributor
Syahrain F.
04 April 2018, 20:55 WIB
Putin Berencana Kunjungi Indonesia Usai Dilantik
Presiden Jokowi disambut Presiden Putin di tempat pelaksanaan Welcoming Ceremony KTT ASEAN-Rusia, di Radisson Blu Resort & Congress Centre, Sochi, Rusia (20/5/2015). FOTO: Setkab

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Rusia Vladimir Putin merencanakan akan berkunjung ke Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Rencana lawatan Vladimir Putin ke Indonesia itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat-surat kepercayaan dari 11 (sebelas) duta besar (Dubes) negara sahabat, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/4) siang.

“Rencana ada (kedatangan Putin). Secara sekilas dibahas (dengan Dubes Rusia untuk Indonesia),” kata Retno.

Namun, dikarenakan Putin baru akan dilantik pada bulan Mei mendatang, menurut Retno, konfirmasi mengenai waktu kedatangannya akan disampaikan setelah pelantikan selesai dilakukan.

Sebelumnya Menlu Retno menyampaikan, dalam pembicaraan dengan Dubes Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva, Jokowi banyak membahas soal ekonomi.

Dengan jumlah penduduk Rusia yang berjumlah 146 juta, sementara Indonesia 260 juta, maka kombinasi kedua negara adalah 400 juta penduduk.

Dari sudut pandang perdagangan bilateral, angka itu menurut Retno sangat potensial. “Kita ingin menargetkan angka sampai US$5 miliar (total perdagangan),” ucapnya.

Retno juga menyampaiakn, perdagangan dan investasi yang akan digarap antara kedua negara tidak hanya yang bersifat bilateral, namun juga dalam kerangka multilateral.

“Jadi saat ini kita sedang menyampaikan proposal untuk bernegosiasi dengan Eurasian Economic Union, di mana di antaranya adalah Rusia menjadi negara anggotanya. Dan kita sampaikan agar Rusia terus mendukung Indonesia,” ucap Retno.


500
komentar (0)