logo rilis

PUPR dan BNPP Pastikan Pembangunan PLBN di Sota Papua
Kontributor
Ainul Ghurri
07 Januari 2018, 12:38 WIB
PUPR dan BNPP Pastikan Pembangunan PLBN di Sota Papua
ILUSTRASI: Hafidz Faza

RILIS.ID, Kupang— Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sri Hartoyo memastikan pembangunan dan pengembangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu di Sota, Merauke, Papua pada 2018.

"Yang sudah pasti akan dibangun adalah di Sota, yang lainnya akan kami bahas dahulu bersama-sama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)," katanya di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (7/1/2018).

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo yang juga menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri di Kementerian Dalam Negeri, memastikan PLBN Sota yang dibangun pada 2018 ini sudah memiliki pendanaan.

Tjahjo Kumolo menyebut, pembangunan Sota harus dilakukan pada tahun ini karena aktifnya lalu lintas manusia dan barang di kawasan tersebut.

Disisi lain, menurut Hartoyo, ada delapan PLBN yang rencananya akan dibangun pada 2019 nanti, yaitu di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, PLBN di Pulau Serasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, PLBN Jogoi Babang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar, PLBN Jasa Kabupatn Sintang Provinsi Kalbar.

"Selanjutnya, PLBN Sie Nyamuk Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara, PLBN Napan Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi NTT, PLBN Maritaing Kabupaten Alor Provinsi NTT dan PLBN Oepoli Kabupaten Kupang Provinsi NTT," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah membangun tujuh PLBN di kawasan perbatasan adalah PLBN Entikong, PLBN Badau, dan PLBN Aruk (Kalimantan Barat), PLBN Motaain, PLBN Motamasin, dan PLBN Wini (Nusa Tenggara Timur) dan PLBN Skouw (Provinsi Papua). Tujuh PLBN tersebut telah dibangun dalam periode 2015-2017.

Sumber: ANTARA


#PUPR
#BNPP
#PLBN
#SOTA
#PAPUA
#MERAUKE
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)