logo rilis
PUPR Beri Tiga Rekomendasi soal Kecelakaan Kerja Rusun Pasar Rumput
Kontributor
Tio Pirnando
28 Maret 2018, 19:11 WIB
PUPR Beri Tiga Rekomendasi soal Kecelakaan Kerja Rusun Pasar Rumput
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memberikan rekomendasi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno selaku pembina BUMN Karya, terkait kecelakaan kerja pada proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput yang di garap oleh PT. Waskita Karya pada Minggu, (18/3) lalu.

Basuki menuturkan, tiga poin utama pemberian rekomendasi ini berdasarkan hasil kajian dan evaluasi dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

"Pertama, PT Waskita Karya selaku kontraktor Rusun Pasar Rumput agar memastikan rasa aman pada masyarakat melalui menambah safety net vertical di seluruh sisi bangunan, menambah safety deck pada lantai dan segmen tertentu," ujar Basuki dalam keterangan terulis yang diterima rilis.id, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Dia meminta agar PT Wakita Karya menyempurnakan metode dan SOP (Standar Operasi Prosedur) Pelaksanaan Pekerjaan. PT. Waskita Raya harus memastikan SOP dilaksanakan secara konsisten.

"Serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar bahwa proyek telah memperhatikan syarat–syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)," paparnya.

Kedua, lanjut Basuki,  PT. Waskita Karya harus melakukan upaya tindak lanjut dengan melakukan risk assessment ulang melalui Rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontrak (RK3K) dan menyempurnakan SOP.

"Menyiapkan respons tertulis dan langkah–langkah dalam bentuk rencana kerja khusus di bidang K3 yang dilengkapi gambar kerja, menyusun rencana pengawasan internal terkait penerapan K3 juga menyiapkan bahan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana lanjutan pekerjaan pasca kejadian dan memperkuat tim sosialisasi dari aspek social engineering," sambungnya.

Ketiga, papar Basuki, kepada Menteri BUMN untuk memberikan sanksi PT. Waskita Karya dengan mengganti Kepala Proyek Rusun Pasar Rumput.

Selain itu, Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada konsultan manajemen konstruksi PT. Ciriajasa Cipta Mandiri untuk mendukung kontraktor dalam menciptakan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan seluruh rekomendasi dilaksanakan kontraktor. 

"Komite K2 juga memberikan rekomendasi kepada Satuan Kerja Pengembangan Perumahan untuk memastikan hal-hal yang direkomendasikan kepada kontraktor dan konsultan manajemen konstruksi melaksanakan seluruh butir rekomendasi dan meningkatkan pengawasan," tutupnya.

Rusun Pasar Rumput dibangun oleh Kementerian PUPR dan ditargetkan rampung pada akhir 2018. Rusun tersebut terdiri dari tiga tower dengan jumlah 1.985 unit tipe 36.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)