logo rilis

Puncak Harkonas 2018, Pemerintah Luncurkan Portal Perlindungan Konsumen
Kontributor
Ning Triasih
24 April 2018, 21:37 WIB
Puncak Harkonas 2018, Pemerintah Luncurkan Portal Perlindungan Konsumen
ILUSTRASI: Twitter/@KemenkesRI

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini adalah puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2018 yang digelar di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (24/4).

Sebagai akhir dari perayaan Harkonas 2018, pemerintah meluncurkan portal Nasional Perlindungan Konsumen dengan alamat konsumen-indonesia.go.id.

Seperti dijelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam cuitannya di Twitter hari ini, portal Nasional Perlindungan Konsumen berlandaskan Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas-PK).

Peraturan ini dimaksudkan untuk menyediakan media terintegrasi bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan terkait perlindungan konsumen yang tersebar di berbagai sektor.

Dalam peraturan tersebut, tercantum ada sembilan sektor yang menjadi prioritas Stranas-PK, diantaranya sebagai berikut:

1. Obat dan makanan
2. Jasa keuangan
3. Transportasi
4. Listrik dan gas rumah tangga
5. Jasa telekomunikasi
6. Jasa layanan kesehatan
7. Niaga elektronik (e-Commerce)
8. Perumahan
9. Telematika dan kendaraan bermotor.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)