logo rilis

Puluhan Warga Keracunan Setelah Konsumsi 'Keong'
Kontributor
Syahrain F.
26 Mei 2018, 14:01 WIB
Puluhan Warga Keracunan Setelah Konsumsi 'Keong'
Keong tutut. FOTO: ANTARA

RILIS.ID, Bogor— Puluhan warga Kelurahan Tanahbaru, Kota Bogor, Jawa Barat, dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan setelah mengonsumsi makanan tutut.

"Menurut laporan ada sekitar 55 orang warga yang dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan," kata Kasubag Humas Polresta Bogor Kota, AKP Yuni Astuti, Sabtu (26/5/2018).

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, sekitar 55 orang warga mendatangi Puskesmas Bogor Utara, pada Jumat (25/5) sekitar pukul 21.30 WIB. Warga diduga keracunan makanan olahan tutut, sejenis keong sawah.

Warga mengkonsumsi tutut yang dibeli pada Rabu (23/5) lalu. Tutut dibeli dengan harga murah yakni Rp2.000 per bungkus.

Hingga Kamis (24/5) sekitar pukul 03.40 WIB warga yang mengonsumsi tutut mulai merasakan dampaknya dengan gejala pusing, badan panas, mual, muntah dan diare. Warga pun dibawa ke Puskesmas Bogor Utara.

Kejadian ini mendapat perhatian serius Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bogor Usmar Hariman, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah langsung meninjau warga yang terkena musibah.

Upaya pendataan jumlah warga yang mengalami keracunan masih terus dilakukan, termasuk penanganan medis dan menelusuri penyebab keracunan.

Saat ini barang bukti berupa tutut sudah diamankan untuk diperiksa di laboratorium.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)