logo rilis
Puluhan Ribu Petir Sambar India, Sembilang Orang Tewas
Kontributor
Syahrain F.
27 April 2018, 16:23 WIB
Puluhan Ribu Petir Sambar India, Sembilang Orang Tewas
Ilustrasi petir. FOTO: Getty Images

RILIS.ID, New Delhi — Negara bagian India selatan Andhra Pradesh mencatat suatu anomali alam yang mengkhawatirkan. Tercatat, sebanyak 36.749 petir menyambar hanya dalam kurun waktu 13 jam pada hari Selasa (24/4/2018) lalu.

Sembilan orang termasuk gadis berusia sembilan tahun tewas akibat tersambar petir di hari yang mengerikan itu bagi penduduk Andhra Pradesh.

Melansir BBC, sambaran petir hingga puluhan ribu kali termasuk gejala alam ekstrem yang tidak biasa terjadi, menurut otoritas badan penanggulangan bencana India.

Sejumlah ilmuwan meyakini, pemanasan global berkontribusi terhadap gejala-gejala alam ekstrem yang kian hari semakin muncul, termasuk meningkatnya petir.

Memang, pesisir utara Andhra Pradesh merupakan wilayah yang menjadi langganan hujan deras disertai kilat.

Otoritas dari pusat operasi darurat nasional, Kishan Sanku, menjelaskan, angin dingin yang berhembus dari perairan Arab bertabrakan dengan angin hangat dari wilayah utara India yang menyebabkan terbentuknya gumpalan awan yang tidak biasa.

Kondisi itu sangat memungkinkan petir menyambar dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan Biro Pencatatn Kriminal Nasional, sejak 2005 sudah 2.000 orang tewas akibat tersambar petir. Pada Juni 2016, 93 orang meregang nyawa dan 20 lainnya terluka akibat kasus yang sama yang terjadi di negara bagian Bihar, Jharkhand, Uttar Pradesh, dan Madhya Pradesh.

Rata-rata jumlah kematian akibat petir di India jauh lebih tinggi dibanding negara lain. Di Amerika Serikat, rata-rata kematian akibat petir per tahunnya berjumlah 27 orang.

Tak memadainya sistem peringatan dini seringkali dijadikan 'kambing hitam' atas tingginya kematian akibat tersengat aliran listrik bertegangan kurang lebih 100 juta volt itu.


500
komentar (0)