logo rilis
Pulangkan Anak Eks WNI, Ketua MPR Dorong BNPT Lakukan Rehabilitasi
Kontributor
Nailin In Saroh
14 Februari 2020, 17:30 WIB
Pulangkan Anak Eks WNI, Ketua MPR Dorong BNPT Lakukan Rehabilitasi
Ketua MPR Bambang Soesatyo. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah telah memutuskan untuk tidak akan memulangkan sekitar 689 WNI eks ISIS dan teroris lintas batas. Namun, pemerintah membuka peluang untuk memulangkan anak-anak dan perempuan WNI eks ISIS yang sama sekali tak tersangkut aksi terorisme. 

Menanggapi rencana itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah untuk benar-benar mempertimbangkan dan mengkaji secara matang sebelum mengambil keputusan dalam memulangkan anak-anak eks WNI tersebut. 

"Apabila memutuskan untuk memulangkan anak-anak eks WNI, maka diperlukan strategi serta persiapan secara matang, mulai dari pihak-pihak yang akan bertanggung jawab dalam pemulangan tersebut, maupun kebutuhan yang diperlukan untuk deradikalisasi bagi anak-anak eks WNI," ujar Bamsoet, Jumat (14/2/2020).

Pemerintah, kata dia, juga harus melakukan upaya-upaya sesuai prosedur peraturan yang berlaku untuk memulangkan para anak-anak tersebut, guna mencegah masuknya paham radikalisme/terorisme di Indonesia. 

Karenanya, politisi Golkar ini mendorong Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan pengawasan dan rehabilitasi terhadap anak-anak eks WNI yang akan dipulangkan.  

"Agar diberikan sosialisasi terhadap bahaya terpapar pengaruh radikalisme dan terorisme, serta menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan sikap cinta tanah air," pungkas Bamsoet. 

 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID