logo rilis
Puasa Lancar bagi Penderita Magg, Yuk Intip Tips Ini...
Kontributor
Elvi R
07 Mei 2019, 21:00 WIB
Puasa Lancar bagi Penderita Magg, Yuk Intip Tips Ini...
Sakit Magg. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Berpuasa merupakan salah satu cara mendetoksifikasi tubuh dari berbagai macam polusi selama setahun. Namun, kadang penderita magg cukup sulit melaksanakan ibadah ini karena asam lambung yang naik. Asam lambung umumnya naik saat tubuh lapar.

Lalu bagaimana agar puasa nyaman tanpa asam lambung naik. Berikut tips yang dilansir dari HalloSehat:

Baca Juga

1. Karbohidrat dan serat

Penderita magg bisa mengonsumsi karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna saat sahur, agar Anda tidak mudah lapar dan lemas di siang hari.

2. Berbuka dengan kurma

Kurma merupakan sumber yang bagus untuk karbohidrat, serat, kalium dan magnesium. Sangat dianjurkan bagi penderita magg.

3. Menyantap kacang almond

Kacang satu ini sangat banyak mengandung protein dan serat. Sehingga dianjurkan mengonsumsinya saat berpuasa.

4. Makan sahur dan ngemil Pisang

Pisang merupakan sumber bagi nutrien seperti karbohidrat kalium dan magnesium. Selain aman bagi lambung juga menyehatkan tubuh.

5. Hindari makanan digoreng

Makanan yang dipanggang lebih disarankan dibandingkan makanan yang digoreng dan berlemak. Karena lemak cukup sulit dicerna akhirnya menimbulkan asam lambung tinggi

6. Perhatikan porsi makan

Bagi penderita magg bisa berbuka dengan porsi kecil baru dilanjutkan makan besar setelah solat tarawih. Ketika perut kosong setelah berpua lambung akam sensitif sehingga, porsi sedikit namun sering akan lebih baik.

7. Cukup Cairan

Minum air putih sebanyak 8 gelas mampu mengendalikan asam lambung. Hal ini bisa dibagi dua, empat gelas berbuka dan empat gelas saat sahur.

8. Perhatikan resep dokter

Jika magg sangat menggangu disarankan berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa minum obat yang diresepkan dokter saat sahur dan berbuka.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID