logo rilis
Puan Maharani: Posisi AKD Mengacu UU MD3
Kontributor
Nailin In Saroh
07 Oktober 2019, 13:39 WIB
Puan Maharani: Posisi AKD Mengacu UU MD3
Ilustrasi Ketua DPR Puan Maharani

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI Puan Maharani, menjelaskan jika pembagian posisi di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dilakukan dengan proposional dengan mengacu kepada Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPRD dan DPR (UU MD3).

"Jadi posisi AKD, akan dilakukan proporsional dan sesuai dengan perolehan kursi saat pemilu lalu,” ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Meski demikian, Puan berharap agar proses pembagian dan penentuan AKD dilakukan secara musyawarah dan mufakat. Untuk itu, ia bersama wakil ketua DPR lainnya akan melakukan rapat konsultasi sebelum rapat pimpinan fraksi-fraksi terkait dengan penentuan AKD.

“Berapa jumlah anggota setiap fraksi, berapa komisi akan ditentukan lewat musyawarah dan mufakat. Kemudian setiap fraksi akan mendapatkan berapa pimpinan atau anggota yang akan masuk ke dalam setiap komisi,” terang politisi perempuan dari PDI Perjuangan itu.

Puan juga mengatakan, jika pembagian AKD akan proporsional dan tidak hanya diisi oleh koalisi partai-partai oposisi seperti yang terjadi pada lima tahun yang lalu. Di mana saat itu, terjadi konflik internal antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), perihal pemilihan pimpinan AKD.

"Yang terjadi lima tahun lalu itu, saya berharap dalam proses demokrasi kepemimpinan ataupun proses DPR yang sekarang ini, tidak akan terjadi lagi,” imbuh Ketua DPP PDIP itu lagi.

Untuk diketahui, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR RI terdiri dari 11 pimpinan Komisi dan 3 Wakil Ketua, 6 pimpinan lembaga berupa Badan Anggaran (Banggar), Badan Legsilasi (Baleg), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, seluruh fraksi di DPR kemungkinan bakal menempatkan anggotanya menjadi pimpinan setara ketua atau wakil ketua. Namun penempatan pimpinan itu berdasarkan raihan kursi.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID