logo rilis
Protes soal Nuklir, Parlemen Iran Lakukan Aksi Bakar Bendera Amerika
Kontributor
Syahrain F.
09 Mei 2018, 17:01 WIB
Protes soal Nuklir, Parlemen Iran Lakukan Aksi Bakar Bendera Amerika
Anggota perlemen Iran melakukan aksi bakar bendera Amerika Serikat sambil meneriakkan "Death to America", pada Rabu (9/5/2018). Credit: AFP

RILIS.ID, — Anggota parlemen Iran pada Rabu (9/5/2018) memprotes keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menarik partisipasi AS dari kesepakatan nuklir.

Dalam sidang parlemen, mereka meneriakkan slogan "Death to America" dan membakar bendera AS, serta selembar kertas perjanjian yang mewakili perjanjian nuklir.

Ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengecam keputusan Trump dengan mengatakan "otak Trump tidak punya kapasitas untuk menyelesaikan masalah ini".

"Organisasi Energi Atom Iran harus benar-benar siap untuk memulai aktivitasnya kembali," ujar Larijani, melansir Anadolu Agency.

Trump, yang mengabaikan tekanan dari sekutu terdekat AS di Eropa, pada Selasa menarik AS dari perjanjian nuklir yang dicapai oleh Iran dengan enam kekuatan dunia pada 2015.

Menjelang tenggat waktu 12 Mei, Trump memutuskan untuk tidak memperpanjang sanksi ringan untuk Iran, dan malah bertekad untuk memberlakukan kembali sanksi ekonomi terkait nuklir.

Perjanjian nuklir 2015 menempatkan pembatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada program nuklir Iran dengan imbalan miliaran dolar dalam bentuk bantuan dari sanksi internasional.

Namun, Trump secara konsisten mencercanya sejak dia mencalonkan diri sebagai presiden. Dia berulang kali menyebut kesepakatan itu sebagai "kesepakatan terburuk" yang pernah ada.


500
komentar (0)