logo rilis
Program Sejuta Rumah Dilirik Bank Dunia
Kontributor
Nailin In Saroh
14 Agustus 2019, 20:45 WIB
Program Sejuta Rumah Dilirik Bank Dunia
Ilustrasi Program Sejuta Rumah

RILIS.ID, Jakarta— Ekonom Urban Senior Bank Dunia, Marcus Lee, menyebutkan Program Sejuta Rumah mulai dilirik oleh Bank Dunia. Bank Dunia, mengapresiasi Program Sejuta Rumah sebagai salah satu upaya menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

"Target Sejuta Rumah adalah mencapai tujuan untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah," katanya dalam acara Lokakarya tentang Perumahan Terjangkau di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Marcus Lee yang juga menjabat Koordinator Program Urban Indonesia Bank Indonesia itu juga menekankan pentingnya kerja sama dari berbagai pihak untuk menyediakan solusi bagi permasalahan perumahan. 

Dia juga menyoroti sejumlah permasalahan yang kerap ditemui warga ibu kota. Permasalahan itu diantaranya kemacetan atau kepadatan lalu lintas, serta perumahan subsidi yang kerap jauh dari pusat kota dan tempat warga bekerja.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyatakan, Program Sejuta Rumah masih sangat relevan untuk periode 2020-2024. Selain memenuhi kebutuhan properti bagi kalangan masyarakat, program ini juga untuk melesatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Masalah perumahan ini sangat kompleks. Oleh karena itu dengan Program Sejuta Rumah bertujuan menggerakkan seluruh stakeholder di bidang perumahan baik Pemerintah Pusat, swasta, dan masyarakat bersama-sama untuk membangun rumah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan tingginya kebutuhan rumah tersebut, ke depan perlu ada penguatan dan inovasi Program Sejuta Rumah," kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi A Hamid.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah menargetkan Program Sejuta Rumah pada periode 2015-2019 sebanyak 5 juta unit. Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 April 2015, secara bertahap capaian Program Sejuta Rumah terus meningkat dari 904.758 unit di tahun 2015 menjadi 1.132.621 juta unit pada tahun 2018.

Secara keseluruhan selama periode 2015-2018 telah terbangun 3.542.318 unit rumah dengan komposisi 70 persen rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 30 persen rumah non-MBR. Pada tahun 2019, Kementerian PUPR menargetkan capaian Program Sejuta Rumah lebih tinggi yakni sebanyak 1,25 juta rumah.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID