logo rilis
Program Ini Diklaim Mendapat Apresiasi Dunia, Apa Tuh?
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
17 April 2018, 20:20 WIB
Program Ini Diklaim Mendapat Apresiasi Dunia, Apa Tuh?
Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengatakan program dana desa yang bergulir sejak 2015 telah banyak memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat di desa-desa.

"Dan, telah diakui oleh sejumlah negara di dunia," kata Eko di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa (17/4/2018).

Sedikitnya terdapat 13 negara dari kawasan asia pasifik yang mengapresiasinya. Bahkan, akan mengusulkan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mewajibkan seluruh negara berkembang untuk menerapkan program dana desa.

"Banyak perubahan yang signifikan dari infrastrukturnya, pendidikan dan lainnya karena adanya program dana desa," tambah Mendes.

Salah satunya adalah Malaysia. Baru-baru ini, negara tetangga tersebut mengirim delegasinya ke Indonesia. Tujuannya, mengetahui secara langsung program dana desa di Indonesia. 

"Menteri Kemajuan Luar Bandar Malaysia telah datang ke indonesia dan telah mengirimkan puluhan delegasinya agar belajar ke indonesia untuk menerapkannya di Malaysia," ujar Eko.

Padahal desa-desa di Malaysia itu, kata dia, lebih maju dari Indonesia. "Saya beberapa kali juga diminta untuk sharing atau berdiskusi terkait program dana desa di sejumlah negara," ujarnya.

Meskipun diakui banyak negara, menurutnya, masih terdapat pekerjaan yang belum selesai dalam upaya pemerintah membangun desa. Sehingga, diperlukan partisipasi perguruan tinggi, khususnya para mahasiswa untuk turut membantu program ini.

"Mahasiswa yang merupakan calon pemimpin kedepannya ini sudab seharusnya berpikir untuk mencari solusi disetiap persoalan. Kalau kalian berpikir begitu. Insya Allah para mahasiswa dapat merubah dunia ini," katanya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)