Home » Peristiwa » Dunia

Presiden Prancis Minta Trump Patuhi Kesepakatan Timur Tengah

print this page Jumat, 12/1/2018 | 23:22

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. FOTO: Anadolu Agency/Mustafa Yalçın

RILIS.ID, Paris— Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dengan Iran.

Menurut pernyataan tertulis dari Istana Presiden Elysee, kedua pemimpin itu melakukan pembicaraan melalui telepon membahas kesepakatan nuklir dengan Iran pada tahun 2015 serta isu-isu Korea Utara (Korut).

Presiden Macron menekankan pentingnya menjaga komitmen penuh dalam implementasi perjanjian tersebut dan mematuhi perjanjian yang telah disepakati semua pihak.

Macron mengimbau, untuk menjaga kesetabilitasan Timur Tengah perlu dijaga komitmen yang telah disepakati dengan pemerintah Iran. 

Macron berharap membangun dialog yang lebih baik dengan pemerintah Iran dalam isu rudal balistik dan penguatan hubungan politik regional.

Dalam kunjungannnya ke Tiongkok padal 8-10 Januari lalu, Macron juga memberitahu Trump tentang perkembangan positif yang terjadi antara hubungan Korea Utara dan Korea Selatan.

Macron juga mengungkapkan, Dewan Keamanan PBB perlu menunjukan kebulatan tekadnya untuk menjauhkan senjata nuklir dari semenanjung Korea dan menciptakan solusi perdamaian di sana.

Penulis Syahrain F.
Sumber Anadolu Agency

Tags:

trump macronASPRANCIS