Home » Peristiwa » Dunia

Presiden Prancis Bahas Nuklir Iran dengan PM Israel

print this page Minggu, 14/1/2018 | 13:52

PM Israel Benyamin Netanyahu dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan dalam pernyataan pers bersama usai menggelar pertemuan di Istana Elysee, di Paris, 10 Desember 2017 lalu. FOTO: AFP/Philippe Wojazer

RILIS.ID, Paris— Presiden Prancis Emmanuel Macron berunding dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu soal perjanjian nuklir Iran, pada Sabtu (13/1), di Istana Elysee, Paris.

Dalam pernyataan persnya, Macron meminta Netanyahu tetap menghargai kesepakatan nuklir Iran. Dia pun mengimbau agar semua pihak menghormati komitmen yang telah disetujui.

Presiden Prancis itu sebelumnya juga berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan memohon agar dia terus menepati kesepakatan Iran.

Pada Jumat (12/1), Trump memperpanjang kelonggaran sanksi terhadap Iran. Namun, dia mengatakan, kelonggaran itu dilakukan untuk terakhir kalinya. 

Trump juga meminta sekutu-sekutu AS di Eropa agar bekerja dengan Washington untuk memperbaiki "kesalahan-kesalahan besar" dalam kesepakatan nuklir itu.

"Hanya untuk memastikan rekan-rekan kami di Eropa setuju memperbaiki cacat-cacat yang ditemukan dalam kesepakatan nuklir Iran," ucap Trump. 

Penulis Syahrain F.
Sumber Anadolu Agency

Tags:

prancisisraeliran