Home » Peristiwa » Nasional

Presiden Jokowi Tegaskan Tak Pernah Beri Izin Reklamasi

print this page Rabu, 1/11/2017 | 18:24

Presiden Joko Widodo meninjau tambak udang di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017).FOTO: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo menegaskan tidak pernah memberikan izin pembangunan reklamasi Teluk Jakarta selama Dirinya menjadi Presiden RI ataupun pada saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.
 
"Saya sampaikan, saya sebagai Presiden tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi," kata Presiden Jokowi di sela peninjauan ke tambak udang di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017).

Pernyataan Presiden Jokowi ini menyangkut tentang Pergub DKI Jakarta Nomor 146 soal reklamasi. Dia mengatakan Peraturan itu hanya menyangkut acuan petunjuk memperoleh izin.

"Kalau yang itu, Pergub itu kan Pergub yang merupakan acuan petunjuk dalam rangka kalau kamu minta izin, bukan reklamasinya. Kalau kamu minta izin, aturannya seperti apa, bukan kamu saya beri izin, kamu saya beri izin reklamasi, bukan itu," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut reklamasi teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun akan tetap dirampungkan meski menuai kontra. Adapun beberapa pulau yang sudah dalam tahap pembangunan yaitu Pulau C dan D. 

"Pemerintah juga tidak mengatakan akan melanjutkan, tapi bahwa apa yang sudah dijalankan itu diteruskan dan saya kira DKI juga sependapat dengan itu," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurutnya ini diputuskan mengingat perlunya efisiensi dana yang sudah dikeluarkan untuk dua pulau tersebut. Sehingga anggaran yang sudah keluar untuk pulau C dan pulau D tidak terbuang percuma.

JK mengatakan bangunan yang sudah berdiri tidak mungkin dibongkar karena akan memakan biaya yang lebih banyak untuk pembongkarannya. Dikatakannya, keputusan itu sudah melalui pembicaraan antara Pemerintah Pusat dan DKI Jakarta.

 

Penulis Tari Oktaviani
Sumber Antara

Tags:

ReklamasiPresiden JokowiReklamasi Teluk Jakarta

loading...