logo rilis
Presiden China Telpon Presiden Jokowi, Ada Apa?
Kontributor
Tari Oktaviani
12 Februari 2020, 21:06 WIB
Presiden China Telpon Presiden Jokowi, Ada Apa?
Presiden Joko Widodo. FOTO: Sekretariat Kabinet RI

RILIS.ID, China— Presiden China, Xi Jinping dikabarkan menelpon Presiden Joko Widodo. Dalam pembicaraannya, Xi Jinping meyakinkan bahwa wabah virus corona akan teratasi. 

Ia juga optimis bahwa wabah corona tidak mengganggu ekonomi dan sosial mereka. Serta menurutnya, persahabatan antara Indonesia dengan China tak akan terganggu akibat hal tersebut. Ia pun mengapresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh Indonesia.

"China dan Indonesia, keduanya merupakan negara berkembang yang besar, harus bergandengan tangan memikul tanggungjawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi.

Menurut Xi, China tegas akan tetap menjalankan rencana kerjasama antara Indonesia dengan China dibidang pembangunan dan konstruksi.

Ia juga meyakinkan bahwa semua orang termasuk WNI (Warga Negara Indonesia) yang masih ada di China akan dijaganya dengan baik. Oleh karenanya ia berharap persahabatan terus terjalin.

"Teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sejati," kata Xi.

Presiden Jokowi pun angkat suara. Ia menegaskan bahwa semangat gotong royong harus dikedepankan untuk memenangi pertarungan dengan wabah virus corona. 

"Pada waktu yang sulit ini, ketika China tengah bertarung melawan wabah, Indonesia, sebagai mitra China akan selalu berdiri teguh untuk masyarakat China dan bekerja sama untuk mampu meraih 'kemenangan' dalam melawan epidemi ini sesegera mungkin," kata Presiden Jokowi. 

Adapun kerjasama itu telah diwujudkan dalam bentuk pengiriman sejumlah peralatan medis ke China. Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia siap memberikan segala kebutuhan yang diperlukan China.

Sumber: kompas.com




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID