logo rilis
Prabowo Tolak Hasil Pemilu, Bamsoet: Kita Semua Sudah Berdarah-darah
Kontributor
Nailin In Saroh
15 Mei 2019, 17:00 WIB
Prabowo Tolak Hasil Pemilu, Bamsoet: Kita Semua Sudah Berdarah-darah
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. FOTO: Humas DPR

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), menanggapi pernyataan Capres 02 Prabowo Subianto terkait penolakan hasil penghitungan Pemilu 2019 yang akan disampaikan KPU RI pada 22 Mei mendatang.

Bamsoet menilai, alangkah bijaknya jika pihak-pihak yang merasa hasil pemilu kurang memuaskan, untuk menggunakan saluran yang telah disediakan. Yakni melalui pengadilan sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebab konsekuensinya, kata dia, jika pemilu ini tidak diakui maka akan berdampak juga pada hasil pemilihan legislatif. Sementara partai-partai pengusung kedua belah calon sudah melakukan pencapaian yang maksimal bagi caleg-calegnya.

“Pertanyaannya adalah, apakah dengan demikian nanti harus diadakan pemilu ulang? Apakah caleg-caleg mereka, kita semua, yang sudah berdarah-darah kemarin ingin mengulang lagi? kan itu pertanyaannya. Karena itu suatu paket, atau kesatuan antara Pileg dan Pilpres yang diadakan langsung dalam satu hari,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Meski demikian, Bamsoet menilai apa yang disampaikan Capres Prabowo Subianto sebagai upaya membentuk opini publik, dan itu sah-sah saja.

Menurutnya, setiap warga negara berhak menyampaikan pendapatnya, termasuk soal adanya dugaan kecurangan dalam Pemilu kemarin.

“Tapi, negara pun sudah menyiapkan saluran-saluran ya untuk warga negara menyampaikan dugaan kecurangan tersebut, melalui jalur legal atau official,” kata Bamsoet.

Di negara yang menganut sistem demokrasi mana pun, sambung dia, juga menyiapkan saluran dalam rangka menyampaikan pendapat.

“Di seluruh dunia pun begitu, setiap negara demokrasi pasti menyiapkan saluran untuk menyampaikan adanya dugaan-dugaan maupun kecurangan. Sehingga bisa diproses dan itu lah sistem hukum yang berjalan termasuk di negara kita,” tukas politikus Golkar itu.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID