logo rilis

Prabowo Tak 'Nyapres', Begini Skenario PDIP Menangkan Jokowi
Kontributor
Sukma Alam
29 Maret 2018, 07:03 WIB
Prabowo Tak 'Nyapres', Begini Skenario PDIP Menangkan Jokowi
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyatakan partainya enggan berspekulasi soal Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menjadi lawan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti. 

Ia mengaku, pihaknya sudah menyiapkan skenario kemungkinan bila Prabowo tak jadi maju sebagai calon presiden.

"Kami kalkulasi dengan sebaik-sebaiknya yang nanti akan menentukan strategi kami juga bahwa Pak Jokowi kira-kira akan bersaing dengan siapa," ujar Hasto di Jakarta, Rabu (28/3) kemarin.

Ia menambahkan, calon presiden harus mendapatkan dukungan dari masyarakat. Sebab, kata dia, hal itu merupakan legitimasi kuat dari rakyat untuk menentukan pemimpin Indonesia pada periode 2019-2024.

"Pemimpin politik itu berproses karena pergerakan ke bawah di tengah rakyat sehingga rakyat juga memberikan pengakuan bagi mereka untuk dapat memimpin negeri yang begitu besar ini," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, peluang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terbuka lebar menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti. Pasalnya, Anies memiliki elektabilitas yang cukup tinggi sebagai calon wakil presiden.

"Pak Anies punya peluang yang besar. Tentu dia sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya kecerdasannya elektabilitasnya. Tapi kita belum bisa memutuskan," kata Riza di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Ia mengatakan, Gerindra juga mempertimbangkan beberapa nama lain yang cocok menjadi Cawapres Prabowo, yakni mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. "Di samping tentu kita juga harus melihat ada nama lain seperti Pak Sohibul, Pak Aher, ada Cak Imin, Pak Zul, jadi semua ini punya peluang yang sama. Jadi memang tidak mudah," jelasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)