logo rilis
Potret Hotel untuk Isolasi Pasien OTG COVID-19
Kontributor
Elvi R
01 Oktober 2020, 19:00 WIB
Potret Hotel untuk Isolasi Pasien OTG COVID-19
Petugas medis mengevakuasi pasien COVID-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Fasilitas hotel untuk isolasi pasien COVID-A19 yang tergolong orang tanpa gejala atau OTG mulai digunakan. Fasilitas yang disediakan pemanfaatan hotel tersebut disediakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program Reaktivasi Industri Perhotelan.

Menparekraf/Kabaparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, bersama Kementerian Kesehatan sudah mempersiapkan beberapa lokasi hotel untuk isolasi bagi pasien OTG agar tidak mengisolasi diri secara mandiri, guna mencegah klaster keluarga.

"Per 26 September 2020 sudah mulai dilakukan melalui program Reaktivasi Industri Perhotelan, antara lain di Hotel Ibis Styles Mangga Dua dan U Stay Hotel Mangga Besar," kata Wishnutama dalam siaran pers beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, hotel yang menjadi fasilitas isolasi bagi OTG covid-19 telah siap menjalankan protokol kesehatan dan disinfeksi pada seluruh area properti, sesuai dengan regulasi yang ada.

Selain itu, tim kesehatan dari Kemenkes beserta tim pengamanan dari Tentara Nasional Indonesia atau TNI pun sudah siap melakukan tugasnya selama 24 jam nonstop di hotel-hotel terkait.

Wisnu menjelaskan, tidak sembarangan hotel yang bisa menjadi fasilitas isolasi. Mereka harus punya beberapa persyaratan hotel yang memenuhi, antara lain memiliki ruang penerimaan pasien untuk triage dan mini hospital. Juga terdapat tim yang terlatih menyemprot disinfektan, hingga alat pelindung standar bagi petugas hotel.

"Mereka juga harus mengantarkan makanan dan minuman ke depan kamar pasien serta menyediakan jalur evakuasi jika ada pasien yang kondisinya memburuk," ujar Menparekraf Wishnutama.

Selain itu juga, harus disediakan akomodasi bagi petugas kesehatan dan keamanan, tempat penyimpanan limbah medis dan infeksius sebelum ke tempat pengolahan khusus. Serta, kondisi kesehatan petugas harus dipastikan baik dan telah melakukan test PCR dengan hasil negatif COVID-19.

Untuk pelaksanaan program ini, Kemenparekraf/Baparekraf pun menggelontorkan anggaran hingga Rp100 miliar sampai Desember 2020, sebagai dukungan layanan akomodasi berupa kamar dan layanan makan 3 kali sehari.

"Sampai 28 September, jumlah pasien di Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square sebanyak 119 orang dan di U Style Mangga Besar sebanyak 94 orang," tutur Menparekraf.

Tim rilis.id berhasil mengabadikan momen-momen di Hotel Ibis Style Mangga Dua Square. Berikut dokumentasinya.

Petugas medis mengevakuasi pasien COVID-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas medis meyemprotkan cairan disinfektan kepada mobil ambulance setelah mengevakuasi pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas medis meyemprotkan cairan disinfektan kepada pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas medis meyemprotkan cairan disinfektan kepada pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua. Pasien tanpa gejala mulai diisolasi di hotel untuk mengantisipasi padatnya daya tampung di RS Darurat Wisma Atlet. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Petugas medis menerima paket untuk pasien COVID-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

 Petugas medis mengecek paket untuk pasien COVID-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebelum memasuki hotel ibis STYLES di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID