logo rilis
Posisi Tidur yang Baik untuk Bumil, Miring Kanan atau Kiri?
Kontributor
Ning Triasih
17 Mei 2018, 12:24 WIB
Posisi Tidur yang Baik untuk Bumil, Miring Kanan atau Kiri?
ILUSTRASI: MomJunction

RILIS.ID, Jakarta— Anda sedang hamil? Bagaimana posisi tidur Anda biasanya, miring ke kanan, kiri atau telentang?

Posisi tidur saat hamil terlebih ketika perut sudah membuncit tak boleh dianggap sepele. Pasalnya, jika ibu hamil (bumil) salah posisi, itu bisa membahayakan kondisi sang ibu dan janin.

Lalu posisi tidur seperti apa yang pas untuk wanita yang tengah hamil besar?

Seperti tips yang dibagikan Bidan Yesie Aprillia melalui akun Instagram @bidankita, posisi tidur yang baik untuk para ibu hamil adalah seimbang di sisi kanan dan kiri. Tapi, akan jauh lebih baik lagi jika mengambil posisi sesuai punggung janin. Lalu bagaimana jika bumil tidak tahu pasti atau ragu posisi punggung si calon baby?

Menurut @bidankita, silakan tidur dengan posisi miring ke kiri atau yang terasa paling nyaman. Posisi miring ke kiri sendiri dianjurkan lantaran secara anatomi, ada pembuluh darah besar menuju rahim, di mana letaknya sedikit di sisi kanan tulang belakang.

Tapi, anjuran miring ke kiri bukan berarti Anda harus tidur dengan posisi tersebut sepanjang hari, sehingga membuat Anda was-was ketika bangun dengan posisi miring ke kanan. Jika Anda kurang merasa nyaman, bisa pindah posisi lainnya kecuali tengkurap dan telentang.

Ya, posisi telentang sangat tidak dianjurkan. Jika Anda telentang saat hamil tua, dalam waktu lama, dikhawatirkan tekanan dan berat rahim akan membuat pembuluh tersebut terhimpit. Ini sangat membahayakan karena bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin.

Agar tidur Anda berkualitas dan lebih nyaman ketika hamil, gunakan bantal yang bisa menyangga badan dan perut buncit Anda. Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman dan santai.


500
komentar (0)