logo rilis
Poltracking: Khofifah-Emil 51,8 Persen dan Gus Ipul-Puti 43,5 Persen
Kontributor

24 Juni 2018, 00:01 WIB
Poltracking: Khofifah-Emil 51,8 Persen dan Gus Ipul-Puti 43,5 Persen
Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak lebih unggul dibandingkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Hal ini tampak dari survei yang dilakukan Poltracking Indonesia.

Dari survei yang mereka lakukan, pasangan Khofifah-Emil unggul sebesar 51,8 persen, sementara pasangan Gus Ipul-Puti sebesar 43,5 persen. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan, angka ini didapat dari survei yang menggunakan simulasi kertas suara.

"Metode pertanyaan elektabilitas ini menempatkan responden mencoblos kertas simulasi sehingga mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada pewawancara survei," jelas Hanta saat mengumumkan hasil surveinya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Survei yang dilakukan pada periode 18-22 Juni 2018, dengan menggunakan 1.200 responden menyasar para pemilih yang sudah menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari 38 kabupaten atau kota yang ada di Jawa Timur, Poltracking akan memilih secara acak Tempat Pemungutan Suara (TPS) mana saja dan masyarskat yang ada di dalam DPT untuk dijadikan responden.

"Terdapat 5 TPS yang dipilih secara acak di setiap desa/kelurahan dengan masing-masing TPS dipilih 2 pemilih secara acak," paparnya.

Hanta meyakini nantinya hasil survei ini tak akan berbeda jauh dengan hasil suara sebenarnya. Sebab pasangan Khofifah-Emil masih memiliki elektabilitas yang lebih kuat dibanding lainnya.

"Jika tidak ada dinamika politik yang cukup kencang, pasangan Khofifah-Emil akan lebih unggul dari lawannya," tutupnya.

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID