logo rilis
Polisi Gagalkan Penyeludupan Narkoba di Jalan Tikus Perbatasan
Kontributor
Kurniati
30 Mei 2018, 10:21 WIB
Polisi Gagalkan Penyeludupan Narkoba di Jalan Tikus Perbatasan
Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Sanggau— Jajaran Polsek Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menggagalkan upaya penyelundupan tiga kilogram narkoba jenis sabu-sabu, yang diduga melalui jalan tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Ada dua tersangka, yakni sebagai kurir narkoba," kata Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan di Sanggau, Rabu (30/5/2018).

Kedua tersangka tersebut, Sn (24) warga Karangan Baru, Desa Bereng Berkawat, Kecamatan Beduai dan MN alias Siman (37) warga Desa Kelakangan, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli-Toli, Provinsi Sulteng. 

"Keduanya berperan sebagai kurir yang membawa masuk narkoba itu dari Malaysia ke Indonesia," katanya.

Kronologis penangkapan keduanya, lanjut Rachmat, pada Jumat (25/5/2018) sekitar pukul 17.30 WIB,  anggota Polsek Entikong mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa ada seseorang yang membawa barang mencurigakan berupa sebuah kardus mie instant, yang diduga berisikan narkoba.

Barang ini, dibawa masuk ke dalam salah satu rumah warga dari hutan di Desa Entikong. 

Dari informasi yang diterima, anggota Polsek Entikong melakukan penyelidikan ke rumah. 

"Sebelumnya, sudah dilakukan pengintaian dari jarak jauh," ungkap Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan.

Adapun barang bukti (BB) yang diamankan masing-masing dari tersangka Sn yakni 3 slop guanying wang warna emas berisikan batu kristal putih yang diduga narkoba jenis sabu-sabu sekitar 3 kilogram, satu buah dompet warna coklat merk levis berisikan uang tunai senilai RM1.750 dan Rp414.000. 

Kemudian, handphone merk Oppo warna hitam dan Nokia warna putih, satu unit sepeda motor KB 3195 UQ, kemudian 3 slop rokok merk Parkway dan 24 bungkus rokok merek Parkway.

Sementara dari tersangka MN alias Siman diamankan uang tunai RM200, HP merek Nokia, HP merek Sunberry dan paspor.

Ia menambahkan, selang waktu kurang lebih 20 menit, petugas Polsek Entikong melihat seseorang yang mencurigakan dengan menggunakan sepeda motor Yamaha KB 3195 UQ keluar dari rumah tersebut. 
Petugas Polsek Entikong langsung melakukan pengejaran hingga sampai ke Dusun Semeng, Desa Semanget.

"Akhirnya, anggota kita mampu menghentikan sepeda motor yang berangkat dari rumah tersebut. Dan diamankan sejumlah barang bukti," katanya.

Tersangka Sn dan barang bukti (BB) tersebut langsung diamankan ke Mapolsek Entikong, guna untuk dilakukan pengembangan. 

Lantas dari tersangka Sn, maka diperoleh info, jika narkoba itu didapat dari seseorang di Desa Entikong, yakni tersangka MN alias Siman. 

Petugas langsung bergerak membekuk MN dan diamankan uang senilai 200 Ringgit Malaysia.

Kemudian, dari keterangan tersangka MN alias Siman, dirinya menerima upah sebesar RM 200 untuk mengeluarkan barang tersebut dari Malaysia. 

Tersangka MN dan BB uang sebesar RM 200 juga diamankan ke Mapolsek Entikong.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)