logo rilis
PMI Beri Bantuan Medis ke Muslim Rohingya yang Terdampar di Aceh
Kontributor
Syahrain F.
23 April 2018, 06:29 WIB
PMI Beri Bantuan Medis ke Muslim Rohingya yang Terdampar di Aceh
Wajah anak-anak Rohingya di kamp pengungsian di Bangladesh. Credit: AP/Dar Yasin

RILIS.ID, Bireuen— Palang Merah Indonesia (PMI) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, bekerjasama dengan Gerakan Peduli Anak Aceh, menyalurkan berbagai jenis obat-obatan kepada etnis Muslim Rohingya yang terdampar di Pantai Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen beberapa hari lalu.

Ketua PMI Lhokseumawe Junaidi Yahya, kemarin malam (22/4/2018) mengatakan, obat-obatan tersebut diserahkan langsung kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, untuk kebutuhan medis pengungsi etnis Rohingya di tempat penampungan sementara di kabupaten itu.

"Secara umum kondisi para etnis Rohingya ini dalam keadaan lelah dan bahkan ada yang mengalami dehidrasi karena lama terdampar di laut. Sehingga, kita berinisiatif untuk memberikan bantuan obat-obatan, karenaitu merupakan hal yang penting untuk penangangan pasca lamanya tidak mendapat asupan gizi yang cukup dan juga kondisi dehidrasi," ujar Junaidi.

Jenis obat-obatan yang disalurkan ke pengungsi Rohingya antara lain, obat untuk sakit lambung, paracetamol, obat gatal-gatal, obat diare, obat untuk pertolongan pertama, antibiotik dan sejumlah obat-obatan untuk anak-anak.

Lebih lanjut Junaidi menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya mengalang bantuan guna membantu Muslim Rohingya dengan mengajak berbagai kalangan di Lhokseumawe dan sekitarnya.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan nilai-nilai kemanusian dalam membantu sesama sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan," pungkas Junaidi.

 

 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)