logo rilis
PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan di Tanah Bumbu
Kontributor
Sukma Alam
12 Mei 2018, 00:55 WIB
PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadan di Tanah Bumbu
Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, — Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memastikan selama Bulan Suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tidak ada pemadaman listrik.

Manajer PLN Rayon Batulicin, Eko Bagus Hariwibowo, mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada jadwal pemadaman. Namun kalau terjadi karena faktor alam seperti pohon tumbang menimpa tiang listrik, itu di luar dugaan PLN.

"Kami akan terus mengantisipasi faktor-faktor yang menyebabkan gangguan jaringan listrik yang ada di wilayah kami dengan melakukan tindakan bersifat mencegah supaya jangan terjadi apa-apa," katanya Sabtu (12/5/2018).

Dikatakan, untuk mamastikan kelengkapan personel dan peralatan untuk mengantisipasi adanya gangguan listrik yang disebabkan alam, pihaknya sudah menyiapkan 150 orang lebih dengan kelengkapan peralatan untuk menjaga dan memelihara jaringan listrik agar tetap aman.

Sebanyak 150 orang tersebut yakni dari PT Trikarya Utama Bangun Persada (TUBP) yang menjalin kerjasama dengan PLN khusus menangani sistem jaringan.

Mereka dikontrak selama lima tahun sekali dan apabila kontraknya sudah habis maka PLN akan membuka lelang kembali untuk membuka jasa pelayanan di bidang teknis, namun kalau kinerja PT TUBP tidak mengecewakan pelanggan maka tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang kontraknya oleh PLN.

Dan tugas utamanya untuk melakukan pemeliharaan dengan Inspeksi mendadak apabila ada kecurangan pelanggan saat pemakaian listrik, dan mereka akan menindak langsung atas aduan masyarakat apabila ada keluhan jaringan.

Periode 2017, PLN dari hasil kerja sama PT TUBP telah berhasil menertibkan delapan juta lebih KWH dari pelanggan yang tidak bertanggung jawab dan target pada periode 2018 ada 30 juta KWH yang masih dalam penanganan.

Saat ini PLN berencana mengubah sistem pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan mutu pelayanan Penampilan, Sikap, Senyum, Salam, Sapa (PS4).

"Artinya dari pelayanan tersebut ingin mengajak masyarakat agar ikut andil dan bertanggung jawab dalam menjaga pasokan listrik tetap aman atau tidak ada kecurangan dalam pemakaian," paparnya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)