logo rilis

PKS Anggap Pidato Jokowi 'Kalajengking' Cuma Wacana
Kontributor
Nailin In Saroh
04 Mei 2018, 13:37 WIB
PKS Anggap Pidato Jokowi 'Kalajengking' Cuma Wacana
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, menanggapi positif pidato Presiden Jokowi yang meminta masyarakat mencari racun kalajengking jika mau kaya. Menurutnya, mungkin saja betul Kalajengking bisa menjadi alternatif atau sumber penghasilan baru. 

"Dipicu pidato Pak Jokowi, banyak kemudian yang menyampaikan ada sate Kalajengking, ada juga minyak Kalajenngking, untuk mengobati panu kudis dan kurap, harganya satu botol Rp25 ribu," ujar HNW di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

"Jadi menurut saya, pidato Pak Jokowi itu diartikan sebagai membuka wawasan kepala-kepala daerah untuk menghadirkan alternatif kekayaan untuk bsa mencukupi pendapatan asli daerahnya. Mungkin dengan Kalajengking. Jadi kalau itu bisa dikerjakan dengan maksimal, ada benarnya saya kira mungkin-mungkin saja," tambahnya.

Namun sayangnya, lanjut HNW, Jokowi tidak memerintahkan. Kalau serius, kata dia, maka presiden seharusnya memberi perintah. 

"Saya perintahkan kapal-kapal daerah memungkinkan untuk berternak kalajengking," cetus HNW menirukan Jokowi.

"Itu menjadi program daerah bisa bagus, tapi sayangnya beliau hanya bercawana. Tidak juga memerintahkan hanya menyampaikan," tegas Wakil Ketua MPR ini menandaskan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bercerita tentang zat-zat tak terduga yang memiliki harga begitu mahal di pasaran.

Cerita itu disampaikan Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di hadapan para kepala daerah di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, (30/4/2018).

Menurut Jokowi, zat dengan nilai tertinggi adalah racun kalajengking yang harganya US$10,5 juta atau Rp145 miliar per liter.

"Apa komoditas yang paling mahal di dunia? Pasti jawabannya emas. Bukan emas. Ada fakta yang menarik dari informasi yang saya baca. Komoditas yang paling mahal adalah racun kalajengking," ujar Jokowi.

Jokowi berkelakar ceritanya ini bisa menjadi ide bisnis bagi masyarakat yang ingin cepat meraup untung. "Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking," kata Jokowi.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)