logo rilis
PKB: Wujudkan Keadilan Sosial di Hari Lahir Pancasila
Kontributor
Zul Sikumbang
02 Juni 2018, 02:20 WIB
PKB: Wujudkan Keadilan Sosial di Hari Lahir Pancasila
Wasekjen PKB Daniel Johan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, menilai peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum mewujudkan keadilan sosial, sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini, yaitu kemakmuran yang merata.

"Keadilan sosial yang dicita-citakan pendiri bangsa ini adalah kemakmuran yang merata. Mereka yang di pelosok desa hingga di kota," kata Daniel dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (2/6/2018).

Dia menilai, sejatinya makna dari keadilan sosial yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah kemakmuran yang merata di desa dan kota, antara masyarakat di daerah perbatasan hingga di wilayah-wilayah urban agar dapat menikmati kemakmuran.

Dia mengakui, kondisi bangsa saat ini memang belum pada titik tercapainya cita-cita sesuai dengan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, karena terbukti masih banyaknya nelayan di bawah garis kemiskinan.

Selain itu, kata Daniel, masih banyak petani yang kesulitan mendapatkan pupuk, harga panen yang anjlok, banyaknya impor bahan pangan yang melindas produk petani di pasaran, sulitnya lapangan pekerjaan.

"Yang membuat ketimpangan antara yang kaya dengan yang miskin makin lebar," ujarnya.

Selain itu, lanjut Daniel Johan, Pancasila sebagai ideologi negara menjadi tumpuan setiap kebijakan yang diambil untuk kepentingan bangsa dan negara menuju negara yang adil dan makmur, makmur bagi semua anak bangsa.

Daniel juga mengatakan, Pancasila sebagai perekat semua komponen bangsa dengan keragaman yang Indonesia memiliki yaitu 17.504 pulau, 1.360 suku, 726 bahasa daerah, beragam agama dan aliran kepercayaan.

"Pancasila mampu membuatnya kita hidup rukun berdampingan, keberagaman adalah keniscayaan tapi dengan pancasila kita menyatu menjadi Bangsa Indonesia yang utuh yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote," ujarnya.

Daniel menambahkan, PKB akan menjadi garda terdepan dalam membumikan Pancasila melalui perjuangan para kadernya yang ada di eksekutif, legislatif, yudikatif dan para simpatisan partai.
 

Editor: Kurniati


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)