logo rilis
PKB Minta Tambah Jatah Kursi Menteri, PDIP: Koalisi Bukan Hitung Untung Rugi!
Kontributor
Nailin In Saroh
18 Juli 2019, 09:30 WIB
PKB Minta Tambah Jatah Kursi Menteri, PDIP: Koalisi Bukan Hitung Untung Rugi!
Ilustrasi PDIP

RILIS.ID, Jakarta— PKB meminta penambahan jatah kursi menteri di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Suara PKB sendiri, pada perhelatan Pemilu 2019 melonjak dan menduduki peringkat keempat.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid, Rabu (17/7/2019) terkait harapan partainya di periode kedua Jokowi. Menurutnya, rugi jika PKB mendapatkan jumlah kursi menteri yang sama seperti periode ini.

Menanggapi permintaan PKB, PDIP sebagai rekan sesama pendukung Jokowi-Ma'ruf menilai, koalisi bukan diikat oleh perhitungan untung rugi.

"Koalisi pertama-tama diikat oleh visi dan komitmen yang sama, bukan oleh perhitungan untung-rugi. Tugas koalisi adalah membangun kerjasama transformasional, bukan menari nari pada irama transaksional," tegas Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/7).

Hendrawan menekankan, bahwa anggota koalisi harus menghormati hak prerogtif presiden dalam menentukan dan memilih calon menteri. "Jadi pendekatan yang logis adalah bangunan pembagian fungsi secara proporsional, seraya menghormati hak prerogatif Presiden," jelasnya.

Bahkan, dia juga mengajak anggota koalisi mengabaikan kabar tentang susunan kabinet yang beredar di media sosial. "Kita tak perlu dibuat risau oleh hoaks yang beredar tentang susunan kabinet yang beredar di medsos," katanya.

Hendrawan mengimbau partai-partai koalisi untuk bijak menggunakan haknya dalam membantu pemerintahan. Menurut dia, berkoalisi adalah pengabdian bukan berbagi kepentingan sepihak.

"Hendaknya pos-pos jabatan publik tetap dimaknai sebagai bagian dari politik pengabdian, bukan sebagai mesin elektoral dengan aji mumpung," tukasnya.

Untuk informasi, partai yang diketuai Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu berharap jatah kursi menteri bagi partainya bertambah di kabinet Jokowi periode 2019-2024. Menurut PKB, rugi jika mereka mendapatkan jumlah kursi menteri yang sama seperti periode pemerintahan Jokowi hari ini.

"Mudah-mudahan PKB lebih beruntung. Artinya, kalau kemarin dapat katakanlah empat, besok nambah, itu beruntung. Kalau sama-sama saja, ibarat usaha masih rugi. Tapi kalau berkurang, itu celaka," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7). 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID