logo rilis
Pimpinan DPR: Revisi UU Terorisme Juni Selesai
Kontributor
Nailin In Saroh
16 Mei 2018, 11:51 WIB
Pimpinan DPR: Revisi UU Terorisme Juni Selesai
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, menilai, Presiden Joko Widodo tak perlu mengeluarkan Perppu tentang Terorisme. Sebab ia menjamin, dalam waktu dekat DPR akan segera mengsahkan revisi atas UU No. 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"Kalau sudah sepakat, barangkali keputusan tingkat pertama, kemudian tingkat kedua sudah enggak ada masalah. Sudah cepat. Sehingga kami prediksi dalam bulan Juni pasti sudah selesai," ujar Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Menurut Agus, pengesahan sebuah RUU menjadi UU merupakan hasil kerjasama pemerintah dengan DPR. Karenanya, tidak tepat apabila lambannya pengesahan RUU Terorisme hanya mengkambinghitamkan DPR.

"Perlu kita ketahui dari ujungnya bahwa suatu UU itu kan harus disetujui oleh DPR dan pemerintah, sehingga tidak ada dalam hal ini yang menentukan apakah ini harus karena DPR enggak bisa atau pemerintah enggak bisa. Tidak seperti itu," papar Agus.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu menambahkan, salah satu penyebab alotnya pembahasan RUU Terorisme lantaran pemerintah beberapa kali meminta penundaan. Padahal, DPR hanya tinggal menunggu kesepakatan dari pemerintah.

"Jadi harus dua-duanya menyetujui. Dan dua-duanyalah yang menyelesaikan masalah UU itu," pungkasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)