Home » Elektoral

Pilpres 2019, Siti Zuhro: Indonesia Butuh Strong Leadership

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Pemiilihan Presiden 2019 menjadi ajang pencarian strong leadership. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, kepemimpinan Joko Widodo akan berhadapan dengan penilaian publik jika ingin bertarung pada Pilpres 2019. Indonesia membutuhkan strong leadership.

Dia melihat, petahana memang memiliki modal popularitas yang tinggi dibanding tokoh yang lain. Namun begitu, dia memprediksi jika kinerjanya dievaluasi maka akan bermasalah.

"Satu sisi asyik karena dia populer punya jejaring tapi nggak asyiknya kalau dievaluasi," kata Siti Zuhro kepada rilis.id di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Siti Zuhro meyakini, jika dilakukan evaluasi ada preferensi baru soal pemimpin masa depan Indonesia. Pasalnya, kata peneliti yang akrab disapa Wiwik itu, publik menginginkan pemimpin yang punya ketokohan yang kuat untuk memimpin Indonesia.

Di Indonesia, pemimpin yang dibutuhkan bukan saja yang mampu mengonsolidasi politik dan demokrasi tapi juga pemimpin yang punya perhatian pada law enforcement.

"Menimbulkan resistensi atau tidak, menimbulkan preferensi baru atau tidak. Di Indonesia menurut saya munculnya keinginan pada pemimpin strong leadership," pungkasnya.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

pilpres 2019 lipi siti zuhro jokowi