logo rilis
Pilih TGB Jadi Cawapres, Ini Keuntungan Prabowo
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
29 Maret 2018, 12:59 WIB
 Pilih TGB Jadi Cawapres, Ini Keuntungan Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi digadang-gadang menjadi salah satu kandidat calon wakil presiden (cawapres) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Menurut pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Firman Manan, TGB bisa memperkuat basis dukungan bila nantinya dipilih sebagai cawapres Prabowo.

"Bisa memperkuat basis dukungan bagi Prabowo karena latar belakang yang berbeda," kata Firman kepada rilis.id, Kamis (29/3/2018).

Prabowo yang dari militer, ujar Firman, akan bisa maksimal dalam mengambil ceruk pemilih dari kalangan Islam bila memilih TGB. Apalagi, TGB juga paham dalam pengelolaan pemerintah karena berpengalaman sebagai gubernur.

"Pengalaman TGB sebagai gubernur, bisa menambah credential di bidang pengelolaan pemerintahan," ujarnya.

Namun Firman menilai, sosok cawapres yang akan dipilih Prabowo nanti tentu berdasarkan pertimbangan partai koalisi, salah satunya Partai Keadilan Sejahtera. 

Termasuk, apakah nantinya Partai Demokrat mau bergabung dengan koalisi Gerindra untuk mengusung Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Memang ada kemungkinan berkoalisi dengan Demokrat sebagai partai asal TGB, namun sejauh ini Demokrat nampaknya lebih mendorong dan mempromosikan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)," pungkasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)