logo rilis

Pilgub Jatim, Ratusan Pemilih Tak Masuk DPT
Kontributor
Budi Prasetyo
03 Juni 2018, 20:24 WIB
Pilgub Jatim, Ratusan Pemilih Tak Masuk DPT
Pemilihan Gubernur Jawa Timur. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Ratusan warga belum masuk Daftar Pemilh Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Hal tersebut terjadi, lantaran belum terdaftar dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Pemilih merupakan hak pilih, jangan kemudian karena persoalan administrasi, mereka tidak masuk. Kalau yang belum masuk karena administrasi kependudukan, kira-kira ratusan," ujar Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, Aang Kunaifi, di Surabaya, Minggu (3/6/2018).

Karenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim diminta mendorong penyelenggara "pesta demokrasi" tingkat kabupaten/kota segera melakukan perekaman. Sehingga, yang tak terdaftar dalam DPT bisa mencoblos pada 27 Juni mendatang.

"Kami sudah mendorong, agar KPU segera mendata, supaya mereka bisa memilih pada saat pemungutan (suara)," jelas Aang.

Para pemilih yang belum masuk DPT, lanjut dia, nantinya bisa mencoblos di domisilinya. Bawaslu Jatim juga telah memerintahkan KPU Jatim memfasilitasi keindahan para pemilih.

"Kami meminta agar KPU Jawa Timur melayani, terkait dengan pemilih yang menggunakan KTP bukan daftar pemilih," tuntas Aang.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)