logo rilis
Piknik ke Destinasi Wisata Edukasi di Jakarta, Ini 5 Manfaatnya bagi Anak
Kontributor
Ning Triasih
11 Juni 2018, 11:15 WIB
Piknik ke Destinasi Wisata Edukasi di Jakarta, Ini 5 Manfaatnya bagi Anak
Kidzania Jakarta. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran, banyak orang datang ke kota ini, baik untuk berkunjung maupun menetap. Namun, bukan hanya untuk orang dewasa, Jakarta juga mengasyikkan bagi anak-anak. Salah satunya karena berbagai tempat wisata di Jakarta yang menawarkan keseruan sekaligus penuh edukasi.

Tidak percaya? Anda bisa mengajak anak berkunjung ke Planetarium Taman Ismail Marzuki dan berbagai objek wisata edukasi lainnya. Lalu, apa saja manfaat penting yang bisa didapatkan dengan berkunjung ke destinasi wisata edukasi seperti ini? Berikut 4 di antaranya:

1. Menambah Pengetahuan di Planetarium Taman Ismail Marzuki

Manfaat utama berwisata edukasi adalah memperoleh pengetahuan dengan cara yang lebih menarik. Ada banyak hal seru yang mungkin tidak didapatkan secara maksimal di sekolah karena keterbatasan alat peraga. Sebagai contoh, Anda dapat mengajak anak mempelajari astronomi dengan lebih optimal saat berkunjung ke Planetarium Taman Ismail Marzuki.

Di Planetarium, anak dapat melihat gugusan bintang dalam bentuk yang benar-benar jelas, bukan hanya melalui gambar. Cara belajar seperti ini tentu lebih mengena dan membuat anak tertarik karena tidak membosankan. Berbeda halnya jika ia harus membaca dan menghafal aneka teori dari buku.

Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta. FOTO: Jktgo

2. Melatih Ketangkasan di Kampung Main Cipulir

Ketangkasan adalah bagian dari keahlian yang harus dilatih secara terus-menerus pada anak. Ketangkasan pun akan sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas anak dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk itu, Anda bisa mengajak anak berwisata edukasi. Salah satunya, berkunjung ke lokasi outbound, seperti di Kampung Main Cipulir yang terletak di Jalan Masjid Cidodol, Gang H Sairi Nomor 1 A, Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Menariknya, bukan hanya anak-anak yang bisa menikmati fasilitas outbound di sini, orang dewasa pun diperbolehkan. Ada banyak permainan dan wahana seru yang bisa dicoba, antara lain bermain lumpur di kolam yang sangat luas, gebuk bantal, menangkap ikan, dan sebagainya. Cukup menarik, bukan?

3. Meningkatkan Kreativitas di Bricks 4 Kidz

Anda juga bisa mendukung kreativitas anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang khusus dirancang untuk hal itu. Salah satunya, Bricks 4 Kidz yang terletak di Jalan Benda Raya Nomor 5, Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan.

Di tempat bermain ini, kreativitas anak benar-benar diasah melalui bongkar pasang dan rakit-merakit lego menjadi berbagai benda. Selain dapat mengasah kreativitas, dijamin anak pun pasti akan senang.

4. Melatih Kemampuan Sosial di Kidzania Jakarta

Kidzania Jakarta. FOTO: Ikurniawan

Bermain adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menambah keahlian anak. Salah satu tempat yang bisa diandalkan untuk itu adalah Kidzania Jakarta. Di sini, anak bisa mencoba beragam profesi yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Biasanya, menirukan aktivitas orang dewasa adalah hal yang menarik bagi anak-anak.

Selain menyenangkan, aktivitas ini juga dapat melatih kemampuan sosial anak. Mereka menjadi tahu kendala yang harus dihadapi dan mencari cara untuk menyelesaikan berbagai tantangan seperti layaknya orang dewasa. 

Selain itu, mengajak anak bermain di Kidzania Jakarta akan memberi anak kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain selain anggota keluarga. Hal ini dapat membuat anak lebih berani, percaya diri dan mudah bergaul.

Anda juga dapat mengajak anak berkunjung ke beberapa tempat wisata edukasi lain, seperti Giggle The Fun Factory, Miniapolis, The Playground, dan sebagainya. Nah, jika berasal dari luar kota, menginap saja di salah satu hotel di Jakarta. Meskipun murah, bukan berarti hotel ini tidak nyaman, lo. Ada berbagai fasilitas yang tentunya membuat Anda tidak akan kecewa saat bermalam di Airy Rooms

Untuk melihat rekomendasi hotel terbaik, berkunjunglah ke website Airy Rooms atau langsung pesan melalui aplikasinya di perangkat mobile. Tenang, metode pembayarannya fleksibel karena bisa melalui kartu kredit dan transfer. Selamat mencoba.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)