logo rilis

Pesawat Pengebom Kapasitas Nuklir Didatangkan Cina ke LCS
Kontributor
Syahrain F.
21 Mei 2018, 13:53 WIB
Pesawat Pengebom Kapasitas Nuklir Didatangkan Cina ke LCS
Dalam foto yang diambil pada Juli 2016 di atas, tampak pesawat pengebom milik Cina H-6K berpatroli di atas pulau buatan Huangyan di Laut Cina Selatan. Credit: Xinhua News Agency

RILIS.ID, Jakarta— Cina dikabarkan telah mendaratkan pesawat pengebom jarak jauh di kepulauan Laut Cina Selatan (LCS).

Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Udara Cina (PLAAF) mengumumkan pada Jumat bahwa mereka telah berhasil menguji coba pendaratan dan lepas landas pesawat pengebom berkapasitas nuklir H-6K di pulau yang tak disebut secara spresifik.

Melansir CNN, PLAAF mengklaim misi tersebut merupakan bagian dari upaya Cina untuk menjangkau kawasan secara lebih luas, fleksibilitas pergerakan, dan meningkatkan kapabilitas daya serang.

Pakar militer Wang Mingliang menyatakan, latihan tersebut akan mengasah kesiapan dan keahlian angkatan udara dalam merespon berbagai ancaman di kawasan--khususnya di wilayah yang mereka klaim sebagai bagian dari teritori Cina.

Sebagaimana diketahui, Laut Cina Selatan merupakan salah satu wilayah persengketaan terbesar di dunia. 

Di dalamnya meliputi klaim Filipina, Malaysia, Brunei Darussalaam, Vietnam, serta Cina yang secara sepihak membuat peta dengan sembilan garis putus-putus dengan klaim LCS sebagai peninggalan teritori zaman Cina klasik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Cina secara eksesif mengubah terumbu karang dan palung untuk membangun pulau buatan. Tujuannya adalah untuk membangun infrastruktur militer di kawasan tersebut.

Inisiatif Transparansi Maritim Asia, lembaga think tank kajian Asia, menganalisis, upaya Cina dengan menempatkan pesawat pengebom merupakan langkah strategis untuk menguatkan kekuatan militer dan kekuasaan di wilayah sengketa itu.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)