logo rilis

Perut Kosong Jangan Ujuk-ujuk Makan Ini, Bahaya!
Kontributor
Ning Triasih
05 Juli 2018, 14:57 WIB
Perut Kosong Jangan Ujuk-ujuk Makan Ini, Bahaya!
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Saat perut kosong dan keroncongan, makanan apa pun yang ada di depan mata terpaksa menjadi pilihan untuk mengganjalnya. Jika belum memungkinkan untuk makan santapan berat, orang biasanya mengisinya dengan camilan dan buah-buahan.

Namun, tahukah Anda bahwa da beberapa jenis makanan yang tak boleh disantap dalam kondisi perut kosong? Melansir dari unggahan Instagram Sehat Receh, berikut beberapa makanan yang akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi saat perut kosong:

Buah Pir

Buah-buahan memang menyehatkan, termasuk pir. Tapi buah menyegarkan yang satu ini akan membahayakan jika Anda menyantapnya dalam kondisi perut kosong. Kandungan serat kasar pada buah pir dapat melukai membran mukosa halus.

Pisang

Siapa sangka, pisang yang biasanya dijadikan santapan pengganjal perut justru berbahaya jika dimakan saat perut kosong. Pasalnya, itu bisa meningkatkan kadar magnesium dalam darah, yang berbahaya bagi fungsi hati.

Tomat

Jangan biasakan makan tomat saat perut kosong. Pasalnya, kandungan asam tannic dalam tomat dapat meningkatkan keasaman perut, sehingga bisa menyebabkan ulkus lambung.

Jeruk

Jeruk memang kaya akan vitamin dan mineral. Tapi perlu iingat, jeruk juga banyak mengandung asam. Jika dimakan saat perut kosong, ini bisa menyebabkan perut mulas, radang perut dan sakit lambung.

Permen

Siapa yang tak suka camilan manis yang satu ini. Tapi, permen sangat berbahaya jika dikonsusmsi dalam kondisi perut kosong. Rasa manis dalam permen dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga menigkatkan beban pankreas yang bisa berdampak pada risiko penyakit diabetes.

Soda

Soda memang bukanlah minuman yang ramah di perut. Apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong. Ini dapat merusak membran mukosa dan menurunkan suplai darah ke perut, sehingga makanan sulit dicerna.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)