logo rilis

Pertemuan AHY-Sandiaga Dinilai Cairkan Komunikasi Gerindra-Demokrat
Kontributor
Budi Prasetyo
22 Mei 2018, 12:25 WIB
Pertemuan AHY-Sandiaga Dinilai Cairkan Komunikasi Gerindra-Demokrat
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Madura, Surokim Abdussalam menilai, pertemuan antara Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno sangat bagus bagi dinamika politik ke depan.

Pasalnya, masa depan Partai Demokrat dan Gerindra nantinya akan ditentukan politisi muda itu.

"Gambaran politik masa depan adalah politik anak muda. Saya pikir pertemuan-pertemuan politisi muda akan memberi makna bagi konstelasi dan politik masa depan. Politik ke depan akan ditentukan anak muda jadi pertemuan AHY dan Sandiaga juga strategis," katanya, Selasa (22/5/2018).

Menurut Surokim, pertemuan itu menegaskan kalau politisi muda juga punya bargaining posisi yang cukup kuat di parpol. Mereka juga bisa menjadi salah satu penentu koalisi di Pemilihan Presiden 2019 nanti.

"Point saya pertemuan politisi muda akan mewarnai konstelasi politik masa depan dan enggak bisa dipandang sebelah mata para politisi muda akan menjadi jembatan transisi politisi masa depan," katanya.

Dijelaskan Surokim, pertemuan itu akan membuka ruang koalisi baru bagi Partai Demokrat dan Gerindra. Pasalnya, bisa jadi baik Sandiaga maupun AHY akan bisa mencairkan hubungan elite parpol mereka.

"Peta koalisi juga terbuka karena anak anak muda relatif enggak banyak terbebani masa lalu dan lebih cair. Hal ini juga akan membawa pembaharuan bagi reformasi partai politik. Politisi muda sekarang punya peluang untuk mencairkan semua itu dan itu akan baik bagi perkembangan partai politik yang beku saat ini," katanya.

Sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, Jumat (18/5) malam. Pertemuan itu menjajaki peluang kerja sama pada Pilpres 2019 nanti.

"Pertemuan kedua tokoh muda tersebut untuk menjajaki kerja sama pada Pemilu Presiden 2019. Komunikasi politik antardua pemimpin muda ini sangat penting," kata Putu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Pertemuan AHY dan Sandiaga disinyalir akan berlanjut pada SBY dan Prabowo. Kedua tokoh itu dikabarkan berencana mengadakan pertemuan membahas Pilpres 2019 nanti.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)