logo rilis
Pertajam Manuver, PDIP Tunggu Momen Umumkan Cawapres Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
03 Agustus 2018, 14:50 WIB
Pertajam Manuver, PDIP Tunggu Momen Umumkan Cawapres Jokowi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Pendaftaran Capres-Cawapres sudah dibuka besok, namun dua bakal calon yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto belum juga mengumumkan pendampingnya.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengungkapkan, koalisi Jokowi tidak perlu tergesa-gesa dalam mengumumkan cawapres. Menurutnya, pihaknya tengah menunggu momen guna mengetahui manuver lawan politik untuk mempertajam opsi-opsi strategi. 

Hal ini, kata dia, juga merupakan bagian dari strategi politik. Termasuk menunggu Prabowo Subianto mengumumkan capwapresnya. 

"Dalam politik, kesabaran mengulur pilihan, sambil melihat dinamika yang terjadi dan evolusi opsi yang ada, penting," ujar Hendrawan di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Sementara, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Muhammad Taufik mengatakan Prabowo Subianto akan segera mengumumkan nama cawapresnya. Taufik mengatakan, pengumuman akan dilakukan pada 6 Agustus 2018 mendatang.

"Tanggal 6 (Agustus) nanti diumumin," kata Taufik di Kompleks DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (2/8).

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengimbau partai politik untuk betul-betul mempersiapkan diri jelang pendaftaran calon presiden-calon wakil presiden pada 4-10 Agustus 2018.

Apalagi, biasanya pendaftaran dilakukan partai politik jelang waktu penutupan. Risiko belum lengkapnya dokumen sangat mungkin terjadi di tengah sedikitnya waktu.

Untuk mendaftar ke KPU, capres dan cawapres harus datang bersamaan dengan pimpinan parpol. Oleh karena itu, kata Hasyim, KPU berharap parpol dapat mengaturnya dengan baik.

"Kami berharap, pertama, siapa yang akan hadir itu harus diorganisasi supaya disampaikan atau didaftarkan ke KPU," kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (2/8).

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)