Perpres TKA Langgar Konstitusi - RILIS.ID
Perpres TKA Langgar Konstitusi
Nailin In Saroh
Jumat | 09/03/2018 20.41 WIB
Perpres TKA Langgar Konstitusi
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan, kesepakatan pemerintah membuat Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk mempermudah mereka bekerja di Indonesia, bakal merugikan.

"Kalau tenaga kerja asing datang ke Indonesiam, pasti merugikan tenaga kerja dalam negeri," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Menurutnya, mendatangkan pekerja asing ke Tanah Air bisa melanggar konstitusi, karena seharusnya negara memberikan hak lapangan pekerjaan kepada warga negaranya.

"Nasionalisme itu, negara bersumpah melindungi rakyat dengan segala tumpah darah. Jadi, kalau ada orang Indonesia kita belum bekerja, ya kita pekerjakan. Tapi permudah orang datang kemari itu namanya melanggar konstitusi, kecuali kalau kita enggak bisa," jelas Zulhasan.

Zulkifli tak mempermasalahkan pekerja asing datang ke Indonesia, asal memiliki keahlian khusus yang tidak bisa dikerjakan pekerja lokal. Itu pun jumlahnya harus dibatasi.

"Kalau yang enggak bisa ok. Sebut dulu Jepang, itu boleh tapi kalau nyangkul batu bara, nyangkul tanah, nyangkul-nyangkul aja kan orang kita juga banyak yang bisa," tandasnya.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID