logo rilis
Peringati 20 Tahun Reformasi, Pena 98 Gelar Pameran Foto dan Diskusi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
26 April 2018, 16:31 WIB
Peringati 20 Tahun Reformasi, Pena 98 Gelar Pameran Foto dan Diskusi
Pameran foto dan juga diskusi para aktivis Pena 98. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin.

RILIS.ID, Jakarta— Presidium Perhimpunan Nasional Aktivis (PENA) 98 menggelar pameran foto dan juga diskusi di Jakarta dan 10 daerah lainnya. Menurut ketua panitia, Fendi Mugni, acara yang digelar selama satu bulan ke depan itu dalam rangka memperingati 20 tahun gerakan reformasi 1998.

"Selama hampir satu bulan ini, selain kita pameran foto dokumentasi gerakan reformasi 20 tahun yang lalu, kita juga adakan diskusi selama hampir satu bulan. Ada sembilan diskusi yang kita adakan," kata Fendi di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (26/2/2018).

Fendi menyebut, 10 daerah di luar Jakarta yang akan menjadi tempat diskusi itu yakni Aceh, Medan, Palembang dan Lampung. Kemudian juga akan ada di daerah Bandung, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Makassar, dan juga Palu. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pena 98, Adian Napitupulu, menjelaskan hampir seluruh mahasiswa pada 20 tahun yang lalu bergerak karena kekecewaannya terhadap pemerintahan Orde Baru Soeharto. 

Apalagi menurutnya, banyak kekerasan dan ancaman yang menimpa masyarakat pada masa kekuasaan Rezim Soeharto tersebut. 

"Kita ingat dulu ada mahasiwa yang ditembak mati di Makassar. Terhadap Parpol PDIP 27 Juli tahun 1996, kemudian terhadap nelayan termasuk kekerasan yang bernuasna politis," jelas Adian. 

Adian mengungkapkan, peristiwa reformasi itu adalah hasil dari perjuangan bersama berbagai lapisan masyarakat dan kelompok. Sehingga peristiwa itu peristiwa itu harus terus diperingati agar nantinya sejarah itu tidak dimanipulasi. 

"Banyak orang yang mengaku dia itu tokoh reformasi, tapi kita buka rekam jejak sejarah, mereka adalah pendukung Soeharto tahun 97 untuk jadi presiden kesekian kalinya," paparnya.
 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)