logo rilis
Perencanaan Proyek, Pelindo III Terapkan Teknologi BIM
Kontributor
Eroby JF
05 Juni 2018, 13:45 WIB
Perencanaan Proyek, Pelindo III Terapkan Teknologi BIM
ILUSTRASI: pelindo.co.id

RILIS.ID, Surabaya— PT Pelindo III mulai menerapkan teknologi "Building Information Modelling" (BIM) sebagai bagian perencanaan pembangunan proyek investasi untuk mewujudkan infrastruktur pelabuhan yang lebih cepat terselesaikan dan bisa membuat perusahaan lebih prima.

"Teknologi BIM mampu menyelesaikan permasalahan di semua tahap, seperti desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan yang kerap timbul dalam suatu proyek, sehingga menghemat biaya dan waktu pelaksanaan," kata Director Engineering, Information and Communication Technology Pelindo III, Husein Latief, di Surabaya, Selasa (5/6/2018).

Husein mengatakan, Pelindo III merupakan BUMN pertama yang menerapkan terknologi tersebut, dan memiliki keakuratan tinggi dan lebih memudahkan dalam perencanaan proyek.

"Nantinya penggunaan teknologi ini bisa dihubungkan dengan program aplikasi lain untuk mendapatkan hasil yang optimal," katanya.

Ia menjaskan, penerapan teknologi BIM di Pelindo III dapat memberi banyak keuntungan, utamanya dalam penyampaian sebuah proyek sesuai yang diharapkan karena menghasilkan informasi dalam bentuk digital, dimana informasi itu dapat digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan selama siklus hidup bangunan tersebut.

Ia menyebut, beberapa proyek Pelindo III yang menggunakan BIM antara lain pembangunan Pelindo Place Tower, lapangan penumpukan/container yard (CY) Terminal Teluk Lamong, Flyover Terminal Teluk Lamong, dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, lapangan penumpukan, dermaga dan gudang Pelabuhan Waingapu.

"Yang pasti penerapan BIM dapat menghasilkan sebuah produk desain yang lebih efisien, terutama pemangkasan biaya yang kemungkinan timbul selama berlangsungnya proyek akibat perbedaan antara perencanaan dan realitas di lapangan," katanya.

Ia berharap penerapan BIM yang sudah mulai diterapkan Pelindo III di triwulan I tahun 2018 dapat meningkatkan pelayanan bisnis di kepelabuhahan dan berdampak positif bagi kinerja perusahaan.

Sebelumnya, kinerja Pelindo III hingga April 2018 tercatat peningkatan trafik arus petikemas dalam satuan boks hingga April tahun 2018 sebesar 6 persen, yang terealisasi sebesar 1.371.394 boks dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang tercatat sebesar 1.297.866.

Peningkatan arus petikemas dalam satuan boks itu juga diikuti dalam satuan TEUs tercatat meningkat sebesar 5 persen yang terealisasi sebesar 1.686.846 TEUs dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang tercatat sebesar 1.600.761 TEUs.

 

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)