logo rilis
Organisasi Perempuan Kalbar Deklarasikan Dukungan ke Karolin
Kontributor
Kurniati
19 Juni 2018, 18:30 WIB
Organisasi Perempuan Kalbar Deklarasikan Dukungan ke Karolin
Deklarasi 'Perempuan Pemimpin Perubahan' di Kalbar. FOTO: RILIS.ID/Kurniati

RILIS.ID, Pontianak— Sejumlah organisasi perempuan di Kalimantan Barat mendeklarasikan dukungan mereka untuk pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur nomor 2, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot.

Menurut penggagas deklarasi 'Perempuan Pemimpin Perubahan', Modesta Wisa, pemimpin perempuan yang dimaksudkan dapat membawa suara perempuan di berbagai tingkatan.

"Sosok Karolin yang merupakan calon satu-satunya perempuan bisa mengakomodir itu," katanya usai deklarasi di Pontianak, Selasa (19/6/2018).

Saat ini, lanjut Wisa, perempuan Dayak atau biasa dikenal dengan perempuan adat, sering mengalami permasalahan perampasan lahan.

Ketika hal tersebut disuarakan kepada pemerintah atau lembaga yang memiliki kewenangan di bidang itu, kelompok perempuan ini tidak diakomodir dengan baik.

"Ketika ada pemimpin perempuan, maka tentunya pemimpin tersebut bisa mengakomodir apa yang dihendaki oleh perempuan, tanpa melihat agama atau suku tertentu," kata Anggota Organisasi Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) ini.

Selain Organisasi Perempuan AMAN, Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Duta Muda Dayak dan sejumlah Sekolah Adat Dayak juga turut memberikan dukungannya kepada pasangan nomor urut 2, Karolin Margret Natasa yang juga Bupati Landak dan pernah menjabat sebagai wakil rakyat dari Provinsi Kalbar.

Mereka berharap, sosok pemimpin perempuan seperti Karolin, bisa membantu gerakan perempuan, menyuarakan suara-suara perempuan, terutama yang ada di kampung-kampung atau pedalaman Kalbar.

"Dengan Perempuan Pemimpin Perubahan ini, perempuan-perempuan Kalbar bisa berkiprah di semua lini kehidupan, seperti politik di semua tingkatan, mulai dari desa, hingga internasional," pungkas Wisa. 
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)