logo rilis
Percaya atau Tidak, Menteri Ini Kebal dari Reshuffle Jokowi
Kontributor
Ainul Ghurri
16 Januari 2018, 17:27 WIB
Percaya atau Tidak, Menteri Ini Kebal dari Reshuffle Jokowi
FOTO: Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Politik Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita bakal sulit dirombak (reshuffle) dari kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Menurutnya, Menteri Enggar mempunyai backup dari partai koalisi yang cukup kuat.

"Kalau Pak Mendag itu kan titipannya (partai) Nasdem. Mendag ini akan kuat, kalau kuat tidak akan di-reshuffle," ujarnya saat dihubungi rilis.id Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar itu menambahkan, Menteri Enggar juga mempunyai kontribusi besar terhadap Partai Nasdem. Sehingga, kata dia, ada kemungkinan Nasdem menitipkan kadernya untuk tetap bertahan di dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK.

"Nasdem itu kan pendukung utamanya Pak Jokowi, titipannya Pak Surya Paloh (Ketua Umum Nasdem) juga," jelasnya. 

Bila dibandingkan dengan Menteri Pertanian (Mentan), Ujang berpendapat, potensi Mentan Andi Amran Sulaiman lebih lemah dan rawan di-reshuffle, dibandingkan Mendag. Menurutnya, Menteri Amran merupakan jalur profesional yang lemah dalam berpolitik.

"Bisa jadi Pak Mentan yang akan di-reshuffle itu, mungkin karena jalur politiknya lebih lemah. Jadi, kemungkinan besar yang backup-nya kecil yang akan di-reshuffle," tuturnya.


#Reshuffle Kabinet
#Ujang Komarudin
#IPR
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)